Sinopsis Film Us + Review


Tibalah liburan musim panas yang menyenangkan, Adelaide (Lupita Nyong'o) bersama suaminya Gabe (Winston Duke) dan kedua anaknya Zora (Shahadi Wright Joseph) dan Jason (Evan Alex). Mereka akan mengunjungi rumah musim panas mereka di California. Memang itu liburan yang menyenangkan, namun ada memory masa kecil Adelaide di lingkungan itu yang membuatnya sedikit trauma untuk kembali.

Dan benar saja, teror masa kecil Adelaide akhirnya kembali. Sebuah keluarga misterius yang persis mirip mereka berdiri di depan rumah mereka. Walau kembar, tapi sifat dan prilaku berkebalikan dengan mereka. Bahkan kembaran mereka ini berniat membunuh Adelaide dan keluarganya.

Bukan itu saja, keluarga Adelaide bukan satu-satunya yang diteror. Melainkan seluruh dunia. Mereka bahkan berjumlah lebih banyak dari perkiraan. Dengan tujuan ingin membuat tatanan dunia yang lebih baru.


Us tak semestinya sama dengan teror thriller rasa Get Out milik sutradara Jordan Peele. Melainkan dengan genre horor yang lebih menitikberatkan pada misteri. Sayangnya misteri itu hanya berada di 20 menit pertama film. Selebihnya hanya menyajikan adegan how to survive from the terror.

Empat karakter utama ini hanya akan berjuang untuk bertahan hidup dari teror yang mereka alami. Kemunculan karakter 'red' pertama kali dalam film tentu memberikan kesan yang menakutkan. Tapi ketika mereka terlihat dengan jelas, hilanglah unsur misteri itu.

Sepanjang film penonton hanya akan diberikan sedikit adegan gore dan jumpscare ala film horor. Lantas kita harus mencari jawaban lewat pertanyaan, "apa kejutan akhir di film ini?" Hal ini ditambah dengan pertanyaan "siapa dalang dibalik semua ini?"

Sayangnya hingga akhir film, jawaban-jawaban yang terlintas dibenak tak terjawab sama sekali. Malah makin bertambah. Secara keseluruhan, film Us menyuguhkan film thriller yang cukup menegangkan serta penuh dengan misteri disepanjang film. Namun sutradara Jordan Peele memiliki kelemahan di akhir, dimana kita dipaksa untuk berpikir dan berteori denga versi kita sendiri. Tidak seperti Get Out. 6/10




Plot Keywords: home invasion | mother son relationship | mother daughter relationship | scissors | rabbit
Taglines: Two Years Ago, Jordan Peele Redefined the Genre with "Get Out." On March 22, Discover His New Nightmare.
Genres: Horror | Thriller
Motion Picture Rating (MPAA)
Rated R for violence/terror, and language.
Watching Date: 22 March 2019
Production Co: Monkeypaw Productions

0 komentar:

Post a Comment