Sinopsis Film Fury

Ada yang mengatakan kalau Fury adalah film perang terbaik setelah Platoon dan Saving Private Ryan, tapi menurutku kalau berbicara mengenai drama perang memang lebih bagus Fury. Tapi jika kita berbicara soal aksi heroik di medan perang, Saving Private Ryan masih belum ada yang kalah. Tapi harus saya akui bahwa sutradara David Ayer telah membuat film dengan tema perang dalam suasana yang baru. Tak pernah ada film perang mengharukan seperti ini sebelumnya, setidaknya sebelum War Horse.

Jajaran pemain yang ditampilkan juga diisi oleh orang-orang yang tak pernah memberi kekecewaan kepada penontonnya. Meski pada dasarnya ini hampir seperti Sabotage. Tahukan film itu, penuh aksi brutal tanpa jelas ceritanya seperti apa. Satu adegan paling seru ketika tank Fury duel dengan tank penghancur Jerman, aksi seperti itu yang belum pernah ada di film perang sebelumnya.

Dari dua jam lebih filmnya berjalan, hanya ada beberapa adegan penghibur yang menemani aksi perang selama film berlangsung. Diantaranya karakter Wardaddy yang membunuh seorang perwira berkuda Jerman, kedatangan awak baru sebagai pengganti awak yang telah mati, karakter Norman yang menyesuaikan diri di medan perang bersama prajurit veteran berpengalaman, kisah cinta karakter Gordo dengan gadis lokal, sebuah misi terakhir dengan keberhasilan yang mustahil, dan masih banyak lagi. Selebihnya hanya perang dengan gaya brutal David Ayer.

Terakhir yang mungkin menjadi pertanyaan setiap orang. Di babak akhir film, kenapa seorang prajurit Jerman membiarkan karakter Norman bersembunyi di bawah Tank. Bisa saja Jerman akan menghabisi setiap sekutu seperti kejahatan perang yang mereka alami dari para sekutu. Tapi menurut saya, mungkin saja pesan yang diberi David Ayer adalah prajurit Jerman ini mungkin hampir sama dengan sifat karakter Norman yang masih baru dalam medan perang, jadi ia tak tega membunuhnya.

Sinopsis Lengkap Film Fury (2014)

Pada Perang Dunia II, tank Amerika kalah kualitas senjata dan lapis baja dibadingkan tank Jerman yang jauh lebih canggih. Para kru tank Amerika mengalami kekalahan telak dari tank musuh yang jauh lebih unggul. April 1945, tentara Sekutu berperang jauh ke dalam wilayah NAZI Jerman, menghadapi pasukan pertahanan Jerman yang paling fanatik.

Dalam keputusasaan, Hitler memerintahkan seluruh pasukannya untuk berperang habis-habisan, mengerahkan setiap pria, wanita dan anak-anak melawan Sekutu. Di antara pasukan sekutu, salah satu prajurit Amerika bernama Sersan Wrdaddy (Brad Pitt) memimpin kelima awaknya untuk masuk ke dalam jantung pertahanan NAZI Jerman dengan menggunakan tank jenis Sherman yang mereka beri nama Fury.

Dalam perjalanan, satu persatu tank yang mengikuti Fury gugur di medan perang. Kekurangan persediaan makanan, kalah jumlah dan kalah persenjataan. Situasi semakin buruk ketika mereka terkepung di tengah serbuan batalion SS Jerman. Hal terakhir yang mereka yakini, terutama bagi Wardaddy, Fury adalah rumah mereka dan disanalah tempat yang tepat untuk mereka gugur sebagai pahlawan.

Wardaddy : "Boyd, do you think Hitler'd fuck one of us for a chocolate bar?"



2 komentar:

  1. aksi brutal tanpa jelas ceritanya apa??
    ceritanya ya perang dunia ke2 yg mengambil beberapa battle, brutal ya supaya mirip perang aslinya. lbh spesifik Wardady dan anak buah diberi perintah menghalau sepasukan tentara nazi yg hendak memotong jalur suplai logistik sekutu. perintah komando jelas : pertahankan posisi, atau satu divisi bisa binasa. itu strategi perang yg umum sekali. sperti dlm wind talker di front timur pasific, nicolas cage cs diperintah juga utk mempertahankan posisi suatu pos agar pasukan utama bisa fokus melakukan penetrasi walau ia hrs kehilangan semua anak buah. krn keberhasilannya cage ditugasin dlm pasukan utama merebut pulau saipan dgn wewenang menjaga sandi versi baru dari bhs indian gunung yg mbingungkan the japs. ketika sandi mrk disadap jepun blg mrk sprt kumur2 alias bicara dlm air. di saving private ryan juga gitu. pasukan linud yg berisi ryan mengamankan jembatan atau memutusnya sekalian agar bala bantuan nazi tdk keburu dtg sblm kedudukan sekutu kuat di normandia. bedanya krn judulnya. fury ya kisah tank itu memepertahankan posisi walau sdh mogok tp krunya tetap berusaha memperlambat gerak bala bantuan nazi. saving private ryan menjemput pulang ryan. wind talker tentang sandi baru yg gk kebaca jepang.

    ReplyDelete