Cuaca ekstrem melanda sejumlah Negara di Dunia, bahkan Indonesia. Dengan cuaca yang berubah dengan sangat signifikan kadang panas sekali tiba-tiba berubah hujan membuat stamina tubuh menurun jika tidak dijaga dengan baik. Gaya hidup sehat dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh tetap fit meski cuaca ekstrem, Anda bisa melaksanakan tips berikut:

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Makanan memiliki peran yang cukup penting dalam memelihara stamina tubuh agar tetap fit, karena berfungsi memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Gaya hidup sehat yang harus Anda terapkan dalam menghadapi cuaca ekstrem adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang cukup dan yang terjaga kehigienisannya.

Selain itu Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan mengotak atik menu dengan sajian bergizi yang bervariasi, menjaga berat badan tetap ideal, dan mengurangi konsumsi gula pada makanan.

Penuhi hidrasi tubuh

Air merupakan senyawa yang mengisi hampir 90% tubuh sehingga ketika kita kurang konsumsi air akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Apalagi saat cuaca ekstrem yang kadang panas tinggi kadang hujan membuat tubuh kita harus senantiasa beradaptasi dengan lingkungan yang cepat berubah.

Jika tidak diimbangi dengan minum yang cukup akan mengakibatkan Anda terkena dehidrasi. Dehidrasi akan membuat Anda merasa pusing, sakit kepala, mukosa mulut dan hidung kering, bibir pecah-pecah, konsentrasi menurun, urin berwarna keruh, mudah berhalusinasi, letih, dll. Gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan adalah dengan minum air putih yang cukup paling tidak 1,5 liter per hari.

Istirahat yang cukup

Setelah beraktifitas yang menguras tenaga, baik bekerja, belajar, mengerjakan pekerjaan rumah dll pastikan Anda memiliki jam istirahat yang cukup dan berkualitas. Gaya hidup sehat saat cuaca ekstrem ini bisa Anda lakukan dengan beristirahat paling tidak 6 hingga 8 jam sehari, hindari tidur terlampau malam, dan tidak tidur berlebihan. Karena tidur yang berkualitas akan mendukung proses regenerasi sel dan jaringan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh dan menjaga stamina tubuh untuk aktifitas hari esok.

Sebaiknya Anda tidak memiliki jam tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Karena menurut pakar kesehatan jika Anda tidur terlalu banyak akan berakibat harapan hidup Anda berkurang hingga 17%, meningkatkan berat badan dan mengakibatkan kerusakan tubuh. Sedang jika kekurangan istirahat bisa mengakibatkan penurunan kreatifitas, konsentrasi, dan produktivitas.

Meningkatkan waktu untuk olahraga

Olahraga sangat bermanfaat untuk membuat sirkulasi darah meningkat sehingga bisa mengaliri setiap sel dan organ tubuh seperti kulit, jantung, otak, dll. Dengan berolahraga dalam waktu yang cukup akan membuat organ Anda memiliki kinerja yang optimal, menjadikan kulit lebih cantik, sehat dan halus serta metabolisme tubuh lancar karena mengeluarkan keringat.

Untuk meningkatkan semangat, Anda bisa melakukan gaya hidup sehat saat cuaca ekstrem dengan berolahraga saat car free day di akhir pekan bersama sahabat atau kelarga. Selain itu Anda bisa meluangkan waktu 15 hingga 30 menit sehari untuk berjalan-jalan mencari udara segar dan melemaskan otot-otot sebelum memulai aktifitas.

Hindari kafein dan nikotin

Minum kopi sambil merokok merupakan kebiasaan sebagian masyarakat Indonesia apalagi kaum pria. Namun sesuatu yang telah menjadi kebiasaan dan merasa membuat mereka lebih berstamina memang sulit untuk dihilangkan. Tidak perlu dijelaskan pastinya Anda mengetahui dampak rokok dari bungkusnya. Menurut profesor Franz H. Messerli MD di Columbia University di New York City, kafein termasuk diuretic ringan yang membuat peminumnya merasa ingin buang air kecil.

Semakin sering buang air kecil Anda akan membuat Anda kehilangan cairan tubuh, semakin banyak Anda kehilangan cairan tubuh maka nutrisi yang diserap tubuh akan semakin sedikit. Sebaiknya Anda tidak membuang waktu untuk melakukan gaya hidup sehat dengan menghindari kedua kebiasaan ini.

Dengan gaya hidup sehat akan membuat stamina tubuh tetap prima dan tidak mudah sakit dengan cuaca seekstrem apapun.

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete