Sinopsis Film The Tale of The Princess Kaguya

Saya pikir, film The Tale of The Princess Kaguya adalah film animasi Jepang terbaik dengan sentuhan gambar tangan yang indah dan cerita yang sangat menyentuh. Mengingat film ini berdasarkan dengan dongeng Jepang, maka menampilkannya dengan animasi lukisan sangatlah cocok dari Studio Ghibli. Apalagi ceritanya juga berdasarkan narasi yang tidak berlebihan, meskipun beberapa orang kadang tidak memahami sepenuhnya cerita film arahan Isao Takahata ini.

Film ini juga memberikan rating G, bukan PG, karena ada beberapa adegan yang memperlihatkan payudara wanita, alat kelamin anak laki-laki, dll meskipun ke semuanya hanyalah berupa gambar. Secara keseluruhan, kualitas dan alur cerita mungkin akan membawa kebingungan bagi penonton di bawah umur karena kisahnya yang terasa berat. Jika mau membandingkannya dengan film animasi Hollywood, The Tale of The Princess Kaguya pantas disandingkan dengan Up atau Toy Story mengingat film ini memiliki unsur komedi, menghangatkan hati, bahkan mengaduk emosi. Meskipun ada beberapa lelucon ala Jepang yang mungkin orang lain tak mengerti.

Penonton juga bisa mempelajari beberapa tradisi Jepang, budaya dan sopan santun yang bisa di petik sebagai bahan pembelajaran. Di tambah lagu khas Jepang yang langsung enak di dengar. Intinya, film ini adalah dongeng animasi terbaik Jepang untuk saat ini. Berikut Sinopsis dan Jalan Cerita Film The Tale of The Princess Kaguya (2013).

Sinopsis Lengkap
Film The Tale of The Princess Kaguya (2013) / "Kaguyahime no monogatari" (original title)

Kisah The Tale of The Princess Kaguya berawal ketika seorang kakek pemotong bambu tiba-tiba mendapati dirinya menemukan sebuah rebung bambu yang berisi seorang putri kecil sambil memakai kimono. Tanpa pikir panjang, sang kakek mengambil putri kecil tersebut ke rumahnya lalu diperlihatkan ke istrinya. Namun secara tiba-tiba putri kecil tersebut berubah menjadi bayi manusia. Mulai saat itu, sang kakek berpikir bayi cantik itu adalah anugrah dari langit untuk ia rawat seperti anak sendiri.

Tapi tak seperti anak pada umumnya, bayi yang mereka rawat lebih cepat tumbuh dan besar. Dalam waktu singkat, bayi itu menjadi anak gadis yang cantik. Selama merawat putrinya, si kakek juga mendapat berkah berupa emas dan kimono yang keluar dari dalam bambu untuk ia pakai merawat putrinya. Dengan harta yang melimpah itu, si kakek membayar orang yang tepat untuk mengajari putrinya menjadi bangsawan agar kelak bisa di lamar oleh kaum bangsawan lain. Saat itu juga, putrinya diberi nama Putri Kaguya.

Meskipun memiliki jiwa yang labil dan bebas, Putri Kaguya berhasil mendapat perhatian lima pria bangsawan yang ingin melamarnya. Kelima bangsawan ini mendapat penolakan dari Putri Kaguya meski mereka memberi benda langka palsu yang diminta Putri Kaguya sebagai mahar. Dalam diri Putri Kaguya, ia merasa kesepian dan rindu rumahnya di desa serta teman-teman sepermainannya.

Suatu ketika, Putri Kaguya menyadari bahwa orang-orang dari Kerajaan Bulan yang mengirimnya ke Bumi akan di jemput kembali. Dalam hati Putri Kaguya tak pernah ingin kembali ke Bulan, meski pada akhirnya hal itu tak bisa ia hindari walau orang-orang termasuk orang tuanya bermaksud melindunginya. Segala hal yang ia lalui di Bumi bersama orang tuanya, orang-orang yang ia cintai akan terlupakan oleh Putri Kaguya begitu saja.

The Bamboo Cutter : "Princess!"



0 komentar:

Post a Comment