Sinopsis Film The Revenant


Tak pernah terbayang bagaimana rasanya melawan seekor beruang. Selain kalah kuat, kalah besar pula. Itulah yang dirasakan Hugh Glass (Leonardo DiCaprio), seorang pemandu jalan pada sekelompok tim ekpedisi yang sedang mendapatkan bulu untuk diperdagangkan dari tanah suku Indian pada tahun 1820-an. Pada ekspedisi itu, mereka di serang suku Indian sehingga membuat mereka lari dan bersembunyi.

Di tengah perjalanan pulang, Glass kemudian diserang seekor beruang Grizzly dan membuat seluruh tubuhnya terluka parah, nyaris tak lagi bisa bertahan hidup. Kapten Henry (Domhnall Gleeson) yang memimpin tim menyarankan bagi siapa saja yang mau menemani Glass hingga ia mati. Melihat keadaannya yang mungkin tak lagi bisa diselamatkan.

Ketiga relawan tersebut adalah John Fitzgerald (Tom Hardy), Bridger (Will Poulter), dan tentu saja anaknya Glass, Hawk (Forrest Goodluck). Ada saja alasan untuk membuat seseorang gila akan uang, Fitzgerald yang tak sabar menunggu Glass tak kunjung mati. Maka dipaksanya Glass dikubur hidup-hidup, untung ada Hawk yang berusaha menghentikan rencana biadab Fitzgerald yang ingin membunuh ayahnya.

Tapi hal itu sia-sia karena Hawk sendiri terbunuh di tangan Fitzgerald yang mana Glass menyaksikan kejadian tersebut tanpa bisa berbuat apa-apa. Glass lalu ditinggal sendiri dalam keadaan terluka dan tanpa bisa berbuat apa-apa. Dengan alasan balas dendam, entah bagaimana Glass mampu bertahan hidup di tengah tubuh yang terluka parah demi menuntut kematian anaknya atas perbuatan Fitzgerald sambil berharap selamat dari kejaran penduduk pribumi, suku Indian.

Glass : "Revenge is in God's hands, not mine."

Saya akui ini adalah film besar, dimana Leonardo DiCaprio benar-benar memberikan akting terbaiknya dengan rela melawan seekor beruang demi memegang Oscar. Tentu saja itu hanya script. Diluar daripada itu, saya memang senang menonton film yang mayoritas dibintangi oleh DiCaprio. Baik atau sedikit buruk, bagi saya film yang selalu dibintanginya selalu saya suka.

Meskipun demikian, untuk ukuran plot dan cerita, The Revenant diawali melalui adegan eksplisit yang terbuka tanpa adanya dialog basa-basi atau bunga cerita yang berkesan omong kosong. Ditambah shoot yang terkadang cukup panjang tapi tidak meninggalkan kesan membosankan. Kadang ada beberapa adegan yang di take cukup lambat, tapi disitulah bagian intro untuk persiapan adegan keras berikutnya.

Karena The Revenant diceritakan berdasarkan kisah nyata, maka pengambilan gambar juga menggunakan cahaya alami dan sinematografi yang indah. Sehingga membuat petualangan si karakter Glass tampak sangat spektakuler. Yang paling berkesan adalah visual efek yang sempurna ketika badass fight antara si beruang dan Glass. Paling tidak terlalu singkat untuk sebuah adegan kunci bagi cerita film The Revenant.

Di film ini sebenarnya fokus pada dua karakter utama, yaitu antara Glass dan Fitzgerald. Pertama untuk Glass yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai karakter ekstrim yang berusaha bertahan hidup. Bagi saya aktingnya sudah jempolan, sejak dulu memang begitu. Lalu yang kedua karakter Fitzgerald yang diperankan oleh Tom Hardy juga memberikan kinerja yang patut dicatat sebagai korelasi antagonis-nya terhadap Glass sepanjang film. Sehingga interaksi antara kedua karakter utama ini terasa nyata ketegangannya.

Walau The Revenant digarap lebih dari dua jam, tapi sutradara Alejandro González Iñárritu sudah berhasil menyampaikan seluruh maksud dan tujuan yang berusaha ditampilkan dalam film. Hasilnya, sebuah film bertahan hidup dan balas dendam yang dipadukan dengan landscape eksotik dengan cerita yang menegangkan dan menarik. 8/10.




Plot Keywords: survival | revenge | bear attack | interracial romance | cauterizing a wound
Taglines: Inspired by true events
Genres: Adventure | Drama | Thriller | Western
Country: USA | Hong Kong | Taiwan | Canada
Language: English | Pawnee | French
Release Date: 8 January 2016 (USA)
Also Known As: El renacido
Filming Locations: Calgary, Alberta, Canada
Budget: $135,000,000 (estimated)
Opening Weekend: $474,560 (USA) (25 December 2015)
Gross: $182,599,867 (USA) (1 April 2016)
Production Co: Regency Enterprises, RatPac Entertainment, New Regency Pictures

4 komentar:

  1. Seru liat thrielernya.
    www.nafiprinting.com

    ReplyDelete
  2. Seru liat thrielernya.
    www.nafiprinting.com

    ReplyDelete
  3. keren, masuk mendominasi nominasi oscar 2016

    http://kasamago.com/serangan-bom-di-pos-polisi-sarinah-waspadai-serangan-asimetris/

    ReplyDelete