Sinopsis Film Bumblebee + Review


Dihari ulang tahunnya yang ke 18, Charlie (Hailee Steinfeld) membawa pulang sebuah mobil VW Beetle kuning rongsokan. Ia tak tahu bahwa mobil tersebut adalah Autobot yang sedang bersembunyi di Bumi dari kejaran Decepticon. Charlie tak sengaja mengirim sinyal ke Decepticon yang sedang mengejar sisa Autobot yang kabur ke penjuru galaksi ketika perang di Cybertron.

Disisi lain, Agen Burn (John Cena) dari Sektor 7 yang juga mengejar keberadaan Bumblebee yang sedang bersembunyi dari Pemerintah. Untungnya Charlie dan Bumblebee dengan cepat bisa saling akrab, dan mereka saling mengisi kekosongan satu sama lain. Bersahabat layaknya manusia.

Tapi itu tak berlangsung lama, ketika Decepticon bekerja sama dengan Sektor 7 untuk menemukan BumbleBee dan Charlie.


Sutradara Travis Knight memiliki visi yang berbeda dari keempat Transformers milik Michael Bay, dan dia membuktikan akan hal itu di film Bumblebee ini. Jika kita mengenal waralaba Transformers ala Michael Bay yang penuh dengan dialog absurd berlebihan dan ledakan yang terlalu hiperbola, maka Bumblebee ala Travis Knight berbeda jauh dari hal itu.

Memang Bumblebee di film ini terasa lebih humanis, berbeda jauh di saat durasi pertama ketika Bumblebee belum kehilangan memorynya. Disepanjang film ia hanya kelihatan bersifat seperti bayi peliharaan lucu yang imut.

Film ini dibuka dengan perang di Cybertron yang visual dan desainnya jauh berbeda dari arahan Michael Bay yang pernah lakukan di pembukaan film Dark of the Moon. Visual klasik dan warna catchy lebih dominan di Cybertron versi Travis Knight. Scene paling keren hanya berada dipembukaan film mulai dari perang di Cybertron sampai B-127 alias Bumblebee sampai di Bumi.

Selebihnya hanya cerita drama penuh emosional yang terbangun antara Bumblebee dan Charlie. Dan memang itulah tujuan asli dari film ini, menceritakan tentang persahabtan pertama Bumblebee dengan manusia, Charlie. Hailee Steinfeld yang berperan sebagai Charlie tampaknya lebih dominan dan sanggup menutupi peran John Cena yang kelihatan penting di trailer yang mana nyatanya di film tak seperti itu. Aktor seperti Jorge Lendeborg Jr. pun tampaknya hanya sebagai pemanis dan bunga cerita saja.

Jadi menurut pandangan saya, tampaknya film ini sulit dikatakan sebagai prekuel karena pada akhir film, pertemuan antara Bumblebee dengan Optimus Prime berbeda jauh dari pertemuan pertama mereka di Transformers (2007). Tapi tak menutup kemungkinan juga, soalnya ada Simmons muda yang kala itu masih sebagai staf di S7.

Jadi Bumblebee tak seperti yang penggemar Michael Bay harapkan, jangan harap ada ledakan setiap 10 menit. Bukan berarti film ini juga tak seru, drama yang dibangun dalam cerita Bumblebee terjaga temponya sehingga terkesan lebih easy plot. 7/10




Plot Keywords: spin off | one word title | teenage girl | interspecies friendship | insect in title
Taglines: Every adventure has a beginning
Genres: Action | Adventure | Sci-Fi
Motion Picture Rating (MPAA)
Rated PG-13 for sequences of sci-fi action violence
Release Date: 21 December 2018 (USA)
Production Co: Allspark Pictures, Bay Films, Hasbro, Paramount Pictures

1 komentar: