Sinopsis Film Secret in Their Eyes


Apa jadinya jika seorang polisi yang menyelidiki pembunuhan, lalu korban yang ditemukannya justru adalah anak sendiri? Inilah yang terjadi pada Jess Cooper (Julia Roberts), seorang yang bertugas di unit kepolisian yang mendapat berita tentang seorang gadis yang diduga diperkosa lalu dibunuh. Betapa mengejutkan, ketika korban yang dilihat Jess adalah Carolyn (Zoe Graham), anaknya sendiri.

Sejak itu, Jess menjadi sangat terpuruk. Melihat keadaan rekannya, Ray (Chiwetel Ejiofor) mati-matian menyelidiki pembunuh Carolyn. Hasil penyelidikan Ray mengarah pada Marzin (Joe Cole) sebagai tersangka utama. Sayangnya tak ada bukti kuat yang bisa menjebloskan Marzin ke dalam penjara.

Setelah itu Marzin menghilang entah kemana. Tapi Ray tak pernah berhenti mencarinya hingga bertahun-tahun lamanya. 13 tahun setelahnya, Ray kembali dan menemui pimpinan petugas pengadilan Claire Sloane (Nicole Kidman) untuk membuka kembali kasus tersebut. Karena ia menemukan petunjuk yang mengarahkan penyelidikannya kembali pada Marzin.

Sementara itu, Jess yang dulunya tidak puas dengan hukum mulai membeberkan sebuah kenyataan tentang Marzin. Ia memutuskan untuk memberi keadilan kepada Marzin yang bebas dari jerat hukum dengan caranya sendiri. Bukan dengan membunuh Marzin, tapi dengan sesuatu yang lebih menyakitkan.

Ray : "Let's kill him. Let's do it now, before we lose him again."

El secreto de sus ojos

Entah kebetulan atau tidak, saya pernah menonton film Argentina yang mengangkat judul El secreto de sus ojos. Memang film Secret in Their Eyes milik Billy Ray ini diangkat berdasarkan film Argentina itu. Tapi saya yang pernah menonton film originalnya jadi tak mendapat kesan apa-apa. Kenapa?

Begini, Anda yang mungkin belum pernah menonton El secreto de sus ojos -susah bacanya- mungkin akan mendapati cerita yang ribet, padahal kenyataannya tak serumit itu. Apalagi untuk endingnya bagi orang yang belum pernah menonton originalnya akan mendapati klimaks yang cukup mengejutkan.

Bagi saya, untuk orang yang pernah menonton El secreto mungkin melihat klimaks mengejutkan di ending Secret in Their Eyes sebagai sesuatu yang biasa saja. Karena baik cerita maupun endingnya sudah terbaca sejak awal.

Tidak banyak perbedaan

Masih membahas soal El secreto, dimana plot dan inti ceritanya sejalan dengan film Secret in Their Eyes. Jadi apa yang membedakannya? Menurut saya tidak ada sama sekali. Penonton hanya disuguhi film asal Argentina dengan sudut pandang atau gaya Hollywood. Dimana tujuannya sama, tapi jalannya berbeda.

Ibaratnya seperti ini, antara titik A dan B. Jika El secreto de sus ojos menempuh titik A ke B dengan sepeda motor, maka Secret in Their Eyes menempuh titik A ke B memakai pesawat. Dengan 'pesawat', sistem kemewahan dan keakuratan ala gaya Hollywood di film Secret in Their Eyes lebih ekspensive dan terkesan istimewa. Jadi sepadan dengan cerita yang sama lewat gaya khas Hollywood itu tadi.

Tapi itu beda dengan film Oldboy milik Chan-wook Park, yang diadaptasi dari manga Jepang. Sepuluh tahun kemudian, Spike Lee membuat film serupa Oldboy dengan judul sama yang mengaku adaptasi dari manga Jepang juga. Meski begitu, semua orang berpendapat kalau Oldboy miliki Spike Lee lebih mengarah plagiat dari film Oldboy milik Chan-wook Park.

Kesannya seperti menempuh titik A ke B dengan mobil. Perbandingan dengan motor tak jauh beda dengan mobil karena menempuh jalur yang sama dengan resiko yang sama pula. Itu sebabnya Oldboy (2013) gagal dari berbagai tingkatan daripada Oldboy (2003).

Jual nama

Maaf membahas tentang film lain, tapi ini takkan ada habisnya jika melihat berbagai copy paste yang ternyata suka juga dilakukan oleh Hollywood itu sendiri. Seolah tak ada lagi film dengan cerita baru yang bisa dibuat. Mengenai Secret in Their Eyes, seperti yang saya bilang sebelumnya kalau film ini tak ada istimewa dalam ceritanya.

Satu-satunya yang menjadi daya tarik adalah trisula maut antara mantan budak Chiwetel Ejiofor, si Pretty Woman Julia Roberts dan si nenek cantik Nicole Kidman. Yang lainnya menurut saya, biasa saja. 6/10.




Taglines: The truth lies in the most unexpected places
Genres: Mystery | Thriller
Country: USA
Language: English
Release Date: 20 November 2015 (USA)
Also Known As: Secretos de una obsesiĆ³n
Filming Locations: Los Angeles, California, USA
Production Co: Gran Via Productions, IM Global, Ingenious Media

0 komentar:

Post a Comment