Film Predestination

Pertama-tama, penulis memberikan standing applause untuk film ini. Sungguh film yang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, meski tidak dibumbui terlalu banyak action, tapi Spierig bersaudara berhasil mengangkat film ini dengan drama dan cerita yang sangat bagus. Bila kita membaca sinopsisnya di beberapa situs, yang terbayang pasti bagaimana karakter protagonis mengejar sang penjahat. Tapi itu tak terjadi di film ini, kisahnya hanya mengangkat bagaimana lika-liku kehidupan karakter utama dalam film. Kita akan disuguhi teka-teki dan plot yang rumit tapi terkesan ringan untuk di analisis. Bagi penonton yang tidak terlalu konstentrasi, pastinya akan mengerti jawabannya di akhir film. Tapi bagi yang serius nonton, di tengah film pasti akan bisa menebak teka-teki rumit yang dihadirkan film ini.

Seperti yang kita tahu, aksi apik Ethan Hawke dari film Boyhood ini masih tetap pada penampilan terbaiknya. Sedangkan Sarah Snook yang kita kenal lewat film Jessabelle juga menampilkan akting yang pas dengan karakternya. Anda bisa menikmati hampir semua adegan di setiap menitnya dari film ini. Semua karakter mengerjakan pekerjaan besar. Film ini pun menampilkan plot yang akan memberikan efek kejutan yang ringan. Dan Anda akan mengatakan “oh, begitu ya”. Jika masih ada yang belum menyaksikan film ini, penulis akan beri beberapa spoiler inti di film ini. Bagi yang belum nonton, pastikan Anda melewati bagian ini.

Kita akan membedakan karakter utama berdasarkan usianya, karena sebenarnya inti paling utama dalam film ini adalah karakternya yang sama. Jadi kita akan membedakan karakternya berdasarkan usianya. Perhatikan baik-baik, karakter U1 diculik oleh karakter U40 dan dibawa kembali ke tahun 1945 dan dibuang ke sebuah panti asuhan. U1 kemudian tumbuh dewasa hingga mencapai usia 20 tahun. Karakter U20 kemudian bertemu dengan karakter U30. Disini karakter U20 dihamili oleh U30 sendiri sehingga lahirlah U1. Karakter U30 sendiri dibawa oleh karakter U40 dengan melintasi mesin waktu ke tahun 1963 untuk menemui karakter U20. Disini mereka berpisah, U30 menjadi agen menggantikan U40. Sementara U40 setelah membawa kembali U1 ke tahun 1945, U40 menemui dirinya karakter U45 yang ternyata seorang teroris yang telah ia cari selama ini. U40 kemudian membunuh U45 dan tak sengaja dengan dalih untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa, U40 menggantikan U45 menjadi teroris yang kemudian menjadi misi bagi U30 untuk menghentikan U45. Dalam misi, U30 mendapat kecelakaan, ia dihentikan oleh U45. Setelah masa penyembuhan, U30 yang kemudian menjadi U40 kembali ke masa ia bertemu dengan U30 seteleh ber-transgender dari U20.

Jadi seperti itulah kira-kira jalan cerita kisah karakter utama film ini. Karakter utama bertujuan untuk menyelamatkan dirinya di masa depan dengan cara kembali ke masa lalu untuk membentuk dirinya yang masih muda di masa lalu. Sebenarnya, karakter utama tidak benar-benar mengejar penjahat seperti yang kita bayangkan dari sinopsis dan trailer pada umunya. Penonton hanya disuguhi lika-liku drama sang karakter utama, yang justru menjadi senjata utama film ini. Yang jelas ini film jempolan yang wajib bagi penggemar film yang suka konflik dengan teka-teki. Berikut Sinopsis dan Jalan Cerita Film Predestination (2014).

Sinopsis Lengkap Film Predestination (2014)

Berlatar belakang pada tahun 1992, dalam sebuah misi mengejar teroris yang dijuluki Fizzle Bomber pada tahun 1970, John (Ethan Hawke) mengalami kecelakaan sehingga membuat wajahnya terluka. John adalah seorang agen pemerintah yang bertugas untuk mencegah berbagai peristiwa kejahatan termasuk pembunuhan yang akan berdampak di masa depan dengan cara melintasi waktu. Setelah sembuh, ia kembali ditugaskan ke masa lalu menghentikan si teroris, dan misi itu adalah misi terakhir baginya. Di tahun 1970 itu ia menyamar menjadi Bartender untuk mencari informasi seputar Fizzle Bomber. Di bar itu juga ia bertemu dengan pria yang mirip dengan wanita.

Dia adalah Jane (Sarah Snook), seorang pria transgender yang mengganti jenis kelaminnya menjadi pria setelah melahirkan melalui operasi cesar. Jane juga menceritakan masa lalunya kepada John bagaimana ia dibuang ketika masih bayi di panti asuhan. Kehidupan remajanya yang sulit ia lalui, dikhianati dan dititnggalkan. Pada saat itu, John membawa Jane ke masa lalu tahun 1963 dimana Jane ditinggalkan untuk menemukan pria yang mengkhianatinya pada saat itu, dengan syarat Jane akan menjadi agen pemerintah yang beroperasi melintasi waktu seperti halnya John. Ketika itu, Jane sadar bahwa John sudah tahu dengan kehidupan masa lalunya. Meski upayanya untuk mengubah masa lalu tak bisa dilakukan Jane, Jane yang muda tetap melahirkan seorang putri.

John lompat ke tahun 1964 dimana Jane muda baru saja melahirkan. Kemudian dibawanya bayi tersebut kembali ke tahun 1945 dan dibuang di sebuah panti asuhan. Setelah berniat untuk berhenti dari tugasnya sebagai agen, mesin waktu yang selalu dibawanya mengalami kegagalan nonaktif. Dari hasil analisis dan konspirasi yang ia temukan antara perjalanan waktu dan biro tempatnya betugas, John menyadari bahwa Fizzle Bomber yang selama ini ia kejar ternyata adalah dirinya di masa depan.

John : "Can we change our futures?"



162 komentar:

  1. tapi setelah u40 ngebunuh yang u 45 kenapa habis itu si u 40 mau ngegantiin u45 jadi teroris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat gambar terakhir kan? dibawahnya tertulis "bisakah kita mengubah masa depan?" disitu gambar u40 setelah ngebunuh u45, jd u40 ini berpikir klo dia tak menjadi Fizzle Bomber, bgaimana nasib dirinya yg dimasa lalu? Jelas klw dia tak jd teroris, dirinya yg dimasa lalu takkan mengejar dirinya, dan alur nasibnya akan berubah.
      Intinya, tujuan hidup pemainnya ini cm mau mengatur nasibnya tetap berada di jalur yg sama, berulang, lagi dan lagi.

      Delete
  2. sy nontonnya jg bingung

    ReplyDelete
  3. kereenn reviewnya... setelah baca review ini baru saya 'ngeh' sama filmnya...
    beneer.. kalo dia ga jadi teroris maka semuanya akan berubah total... atau mungkin si jane/john tidak akan pernah ada.
    thanx yooo.

    ReplyDelete
  4. gile ini brarti film ny g ada ujung ny ya ?...
    stlah ngelahirin diculik dibawa k 1945, dan di ulang lah lagi kisahnya...
    bner bner salut sm ini film... epic bin epic...
    dan sarah snook pas pake kacamata, ajegile manis bner~ hhahahah

    ReplyDelete
  5. ada yg trlupa noh Mr. Robertson (sang boss) sendiri adalah jane/john...

    ReplyDelete
  6. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana awal cerita film ini dimulai wkwk jadi inget joke " duluan mana ayam sama telur "

    ReplyDelete
  7. Jelas Aja Fizzle Bomber akan tetap menang sebab dia AYAM nya yang mengerti telur telurnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah betul jg, analisis yg bagus! (h)
      mksh kunjunganx

      Delete
  8. Barusan kelar nih nontonnya,
    Yg jadi pertanyaan aku nih apakah karakter si Jhon dan Jane itu dia sendiri atau beda? Krn ada satu adegan di mana kedua karakter ini memiliki bekas tubuh cesar yang sama...
    Lalu siapakan yg menghamili si Jane?
    Mohon bantu dijawab. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jane sama jhon itu sama. Oh iya gue juga kurang ngertinya si jane itu d hamilin ama siapa ya ??

      Delete
    2. jane itu dihamilin sama jane yang udah jadi cowok yang balik ke masa lalu

      Delete
  9. Pinter! Baru saja aku nonton filmnya dan ga kepikiran banget kl alurnya bakalan seperti ini. Banyak banget kejutan d dalemnya. Mereka akhirnya bercerita tentang dirinya sendiri. Lucu juga ya. Duh kepikiran ya orng bikin film seperti ini. Salut!
    Btw thx u ya tulisannya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Jadi siapakah yg menghamili si Jane?

    ReplyDelete
  11. Yang menghamili ya john itu sendiri, jadi dia menghamili drinya sendiri di masa lalu, jadi intinya, smua karakter di film ini adalah satu org, dri si bayi yg di taruh d panti asuhan (dan yg menaruhnya adalah dirinya sendiri dari masa depan) smpe boss robertson dn teroris itu adalah satu org, nah pertanyaannya tuh sbnernya siapa yg pertama hidup, yg mana, jadi kaya pertanyaan di film ini, mana yg dluan, ayam atau telur,.

    ReplyDelete
  12. Kurang logis bro kalau dia yg mengahamili diri sendiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. namax jg film,
      psti ga logis lah :>)

      Delete
    2. Logis lah, kan dia udah suntik testosteron dan hormon pejantannya didiagnosis subur. Masih inget kan ceritanya John waktu ketemu Bartender?

      Delete
  13. John muda emang yg menghamili Jane,
    tp sy tdk melihat Robertson ama John adlah orang yg sama,
    kecuali emang si teroris itu John sendiri yg sgt jelas dr garis ceritanya,
    Robertson dr mana ia dlu seorang John??

    ReplyDelete
  14. Kok bisa ya menghamili diri sendiri? Kita dituntut utk memahami filmnya tp nyatanya filmnya aja tak logis. Ngaco' agh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg namax film ceritanya tdk harus logis,
      klw mau logis nontos sinetron aja,

      Delete
    2. Ya bisa, krn jane punya 2 organ reproduksi, pas melahirkan tinggal organ pria nya yg masih berfungsi, dan gnti nama jd john

      Delete
  15. GGS dong = galau galau serigala

    ReplyDelete
  16. padahal filmnya sederhana ya, tapi eksekusinya dibikin rumit. dan kalo boleh sotoy ide ceritanya kayak pertanyaan lelucon yang pernah kita dengar "duluan ayam atau telur?". dan waktu mulai mengerti cerita ini saya kemudian mikir dia lahir dari benih dia sendiri, dia membenci diri sendiri, dia mencintai diri sendiri.. ah mulai pusing. terus rivewnya bagus mba memperjelas pertanyaan2 di kepala saya haha

    ReplyDelete
  17. Mbak ashra1010 cantik cantik tontonannya beginian,, bukan drama korea :D :D
    .
    Alur filmnya twist movie banget kayaknya ini,,
    Saya baru nonton 5 menit yg lalu nih, langsung browsing sinopsisnya...
    Yang bikin saya bingung, kok si U40 malah gantiin U45 sebagai teroris ya.?
    Scara U40 kan mati matian ngejer dan ngejalanin misi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah ngebunuh u45 kan dy jd mikir klw dy ga jd teroris pst dirinya yang di masa lalu ga ngejar dirinya, alias alur hidupnya akan berubah,
      nah tujuan utama si tokoh utama ingin membuat kisah hidupnya tetap berada di jalur yg dy inginkan,

      makasih kunjungannya :)

      Delete
  18. Hi.. U1 pnya 2 genre.. Karena sbnrnya dia sendiri adalah jane dan john itu sendiri.. Sdgkan robertson itu mukanya sama kayak U40..

    ReplyDelete
  19. di dalam sebuah percakapan, The Barkeep (Ethan Hawke) pernah bilang bahwa dirinya adalah seorang Agen Temporal, salah satu dari 11. yang bikin penasaran adalah.. siapa sajakah ke-11 agen temporar ini ? mbak Ashra 1010 tau ga :)
    klw saya menganggap Mr. Robertson adalah salah satu dari ke-11 agen temporal ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klw itu sy ga tau krn dialog itu ga trjawab sampe film abis, :-?
      teori Mr. Robertson termasuk dr yg 11 mgkn masuk akal drpd baca bbrapa koment yg d atas yg nganggap Mr.Robertson = Jane/John

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Sebenarnya saya juga menganggap Mr. Robertson = Jane/John. Karena menurut saya kesebelas Agen Temporal tersebut adalah Jane/John itu sendiri di segala usia, termasuk Fizzle Bomber juga tentunya.
      tapi ya, itu semua cuma pendapat saya.
      ada pendapat lain gak ? :)

      Delete
    4. u1 sampe u45 dlm film memang nyambung,
      tp trus terang sy belum dapat adegan atau dialog di film yg sedikit sj bs jadi petunjuk klw Mr.Robertson = Jane/John

      Delete
    5. Mr robertson memang jane/john di masa lain. Coba dilihat filmnya sampai selesai pada akhir filmnya. Tidak perlu dialog tetapi pemahaman

      Delete
    6. ga mungkin, robertson umut brp? sementara si john/jane ini paling tua hidup smpe 45 dibunuh dirinya sendiri yg umur 40. jadi klo robertson org yg sama, dia john/jane di umur yg ke berapa?

      Delete
    7. Wah asik banget ngebahas film ini, baru nonton di tv lgsg browsing plot cerita nya,jujur awalnya saya bingung menghubungkan jane dan john ini namun setelah baca di sini jdi jelas smua,plus seru ngebaca bahasannya,pertanyaan saya sama dengan mas reza nih,ada yg bisa jawab ga ya...salut banget buat mba Ashra. Good job.

      Delete
  20. Yang saya masih bingung, kapan si John U30 menghamili si Jane? Kan mereka hanya ketemu sehari aja soalnya si John U30 diajak si John U40 ke masa depan. Terus seharian tu juga ga ada scene yang ngeliatin mereka kimpoi kan :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin short time gan :>) mungkin kata-kata di screenshot ini akan sedikit mengurangi kebingungan: hxxp://prntscr.com/5roj2k

      Delete
    2. iy timeskip, waktu duduk dbangku taman, udah koalisi disitu @-)

      Delete
    3. ada koq gan/sist adegan anuan nya di menit/jam ke 01.12.52 pas lagi ddalem mobil kan ciuman tu? pasti lanjut nganu :3

      Delete
  21. Review film time lapse dong mbak... sya mpe skr mah bngung aja nnton ntu pelm.. hahaha... emng lemot dasarnya...

    ReplyDelete
  22. jdi maksud pertanyaan duluan ayam atau telur sama filmnya apa mba? Trus si jhon u40 slalu bilang the rooster itu maksudnya apa? Kalo emang ga mau ngerubah jalur trus ngapain dia ngejar fizzle bomber? Ada hub.nya ga dgn efek samping yg ditimbulkan jk slalu melompati waktu, demensia mungkin?

    ReplyDelete
  23. Karna awalnya dia gak tau fizzle boomber itu dirinya sendiri.. Inti dari film ini adalah, kita manusia tidak bisa mengubah takdir yg sudah d tetapkan...

    ReplyDelete
  24. Yg mntap ini pmbuat sknrio ny bisa dy trfikir mmbuat crita kyk bgni,!!
    film sprti yg tak kalah seru ny "Butrfly Effeck n Looper" yg sm2 ingin mmpebaiki masa lalu ny. Pokok ny di jamin Wowww lah otak Ny yg nnton.hehe. .

    ReplyDelete
  25. wah saya barusan selesai nontonnya.. waks... keren reviewnya ... tp bingung juga pas dia mukanya kebakar itu diumur berapa?? ga mungkin dong di umur pas jadi fizzle bomber? karena umur pas jadi fizzle bomber pan udah berubah mukanya :-?

    ReplyDelete
  26. Saya salah satu dari orang2 yg berkomentar diatas yg brusan stlah lihat film lgsung browse utk mencari kejelasan ttg film ini lbh lnjut, dan scara tdk sngaja sama2 brada di blog ini, apakah kita adalah peran dari khidupan nyata dri film tsb? Brrti sometime saya akan mnulis di blog ttg cerita yg sama? Brrti now.. Saya hrus bunuh sapa? Spy takdir bisa berubah? lol :v

    ReplyDelete
  27. Mngkin mr. Robertson itu John yg memilih utk tdk jadi Teroris :v
    Dia membuka agen itu dan lllalalala :v

    ReplyDelete
  28. Saya bngung ni dgn "bisakah kita merubah masa depan" di film ini, apakah dia setelah membunuh u45 tidak menjadi fizzle bomber?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disitu dy mikir, setelah membunuh u45 dy bisa sj mengubah masa depan dgn tdk menjadi fizzle bomber akan tetapi mengacaukan garis kehidupannya di masa lalu. Tp klw dy jd fizzle bomber maka alur kehidupannya tetap pada jalur yg semestinya.

      Delete
  29. yang bikin ane bingung pas di akhir akhir film kan di ceritain pas si jane masuk agen trus dapet misi yang wajahnya ampe kabakar, trus pas mau bawa mesin waktu di bantuin ama si tukang bartnder (yang juga masih si jane yang udah operasi wajah) ko si tukang bertender malah saling tatapan bukannya malah nolongin si jane ? atau si tukang bartender juga ga sadar saking rusaknya wajah si jane? waw gilak film edaaaaan muter otak banget lah!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah ditolongin ama John, dia nge-geserin tuh mesin waktu supaya diraih Jane yg baru aja jd John.
      Mereka tatapan mungkin krn John yg kebakar sadar klw dy ditolong dirix yg dr masa depan, sdgkn John yg dr ms depan mungkin mengenang masa lalunya waktu dia kebakar. Mungkin sprti itu.

      Delete
    2. mau nanya... waktu mukanya jane kebakar, apakah dia tau yang nolongin itu john (jane masa depan)?

      Delete
  30. Ngomong ngomong, pemeran si john U30 itu siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. msh diperankan oleh sarah snook, cm agak di make up sedikit.

      Delete
    2. jadi pemeran John U30 itu tetap Sarah Snook ?
      hebat banget kalau emang benar. soalnya bisa buat visual effect gitu. dia jadi lelaki dan sempat telanjang dada sama perutnya habis di belah dan juga waktu scene di toilet rumahnya, nongol itu Mr. P nya. tambahkan penjelasan nya lagi donk mbak.

      Delete
  31. Mr. robertson gak ada hubungannya sama Jane/John, petunjuk gak ada sama sekali.

    ReplyDelete
  32. Kenapa akhir nya ethan hawke jdi teroris? Apakah hanya agar sesuai dg alur hidup nya, yg berarti harus mengorbankan ribuan nyawa. Tapi apa yg didapat dari "susuai dg alur nya" ? Cuma buat agar dia bisa lahir kedunia kan (?) Ga sebamding lah sma ribuan korban jiwa. Apalagi tujuan hidup nya adalah untuk menyelamatkan orang. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pikir realistis aja, kira2 kamu mau mati gak gantiin ribuan nyawa orang lain?
      klw sy sih msh lbh penting nyawa sy sendiri,
      mgkn pemikiran ethan berubah sprt itu di saat terakhir .

      Delete
    2. Klo saya mikirnya gini, d scene akhir U45 blg pake kliping koran dri masa depan bahwa klo dia gak jd fizzle bomber jumlah korban jatuh malah lbh besar kan?? Mungkin U40 sadar itu setelah nembak U45, dan akhirnya saat jdi U45 jdi fizzle bomber beneran..

      Delete
  33. Yang menghamili jane adalah robertson

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, yg hamilin adalah john yg msih berwajah jane (cwe tomboy yg curhat sama john bartender). cuma saat ktemu jane yg msih cwe, dia itu ngaku namanya robertson.

      Delete
  34. Keren bgt nih film, menurut pendapatku, di scene terakhir, jon masih belum percaya dialah terorisnya walau udah dijelasin jon yg lain (penjaga laundry). Dia bunuh si penjaga laundry, dan jalani hidup normal lagi, udah nggak menjalankan misi. Tapi waktu terus berjalan dan dia berubah pandangan dan menjadi teroris hingga akhirnya dia bertemu dan dibunuh oleh dirinya sendiri di laundry

    ReplyDelete
  35. Kata robertson di jane / john adalah sebuah mukzizat. Tidak memiliki latar belakang masa lalu. Dari mana asal muasal mereka?
    Tidak ada!!!

    Menurut saya ini bukan film time travel yg dapat mengubah segalanya jika sang pemeran merubah kejadian saat berpetualang. Film ini hanya menunjukkan sebuah siklus saja.

    Keganjalan di film ini menurut saya:
    1. Saat jane u? Mendaftar menjadi penjelajah luar angkasa. Latar camp pelatihan tidak sesuai dengan latar waktu saat itu. Saya bilang terlalu modern di zaman yang tua

    2. John u30 telah berjanji akan membunuh pria yg mencampakkan dirinya (jane) tapi mengapa yg terjadi malah dia tidak sadar dan terbuai dg romantika percintaan dg jane?kan dia tahu bawha jane adalah dirinya disaat muda.
    Mengapa dia tidak depresi?

    3. Apa pengaruhnya jika john/jane meloncat secara ilegal? Kata robertson Semua akan berubah. Tidak jika di perbaiki. Apa nya yang di perbaiki john/jane?

    4. Mengapa robertson dari masa depan merekrut jane dg menawarkan segala sesuatu saat di pantai asuhan? Apa tujuannya? Mengapa tidak menghampiri john/jane u45. Pesan moral apa yg ingin robertson sampaikan kepada kita?

    Di akhir film. Ternyata ini based on short story. Zombie bla bla bla. Ada yg punya cerpen di atas? Hahaha

    Terimakasih untuk kanvas yg telah disediakan. Maaf coretan saya menhilangkan seni tembok ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. namax jg pelatihan luar angkasa, jd di setting sedemikian modern, bg sy ini tdk menjadi masalah.

      2. John u30 memang ingin balas dendam, tp dy baru tahu kalau orang itu adalah dirinya. Dia memang tau dirinya adalah Jane di masa muda, tapi dirinya yang pada saat muda tak tahu kalau yg dia temui adalah dirinya dari masa depan. Buktinya waktu menemui John u40 di bangku John u30 mengira kalau dirinya dijebak.

      3. Waktu John u40 membawa Jane u1 ke tahun 1945, itu adalah melompat secara ilegal. Maksudnya semua akan berubah itu, berarti John membuat siklus hidupnya sendiri. Secara manusia normal akan hidup dan mati sekali, sedangkan John secara harafiah hidup dan mati secara berulang.

      4. menurut pendapat saya, Mr. Robertson tahun Jane ini adalah John sebelum jd cowo. Krn pd dasarnya robertson sdh tau kalau John slalu melompat secara ilegal.

      Delete
    2. iya short story, ALL YOU ZOMBIES

      Delete
  36. Maaf ada 1 kejanvgalan yang tertinggal
    Berarti di th 1970 terdapat 3 john.
    1. John u45 sebagai fizzle bomber
    2. John u40 sebagai bartender (john seorang agent dari th 1992)
    3. John u30 sebagai penulis artikel di sebuah harian.

    Ini lucu pd th 1970. Dari ke3 john diatas. Manakah yg sesungguhnya hidup di th tersebut?
    Jika john yg asli di th tsb adalah no 3. Maka menurut asumsi saya. John u45 (fizzle bomb) adalah john dari masa depan yg tersesat dalam perjalanan time travel mengetahui fakta yg terjadi di th itu sangatlah bijaksana jika menjafi seorang terorist. Maka dia lanjutkan hidup dg berprofesi sebagai fizzle bomb. Dan mr robertson mendatangi jane/john muda john u20 agar dia mengetahui apa yg sebenarnya terjadi.
    Tepatnya itu hanya asumsi saya. Salut untuk sang pembuat cerita yg masih membiarkan / memelihara celah kecil terbuka untuk dijadikan asumsi penonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. John u45 ini bebas ke waktu mana saja, soalnya kan waktu mau pensiun, mesin waktunya gagal nonaktif.

      yang hidup di tahun trsebut memang John u30, John u40 datang ke tahunnya sambil ngejar fizzle bomber sambil ketemu John u30 juga.

      Delete
  37. Alur film ini diset secara loop (kyk mobil2an di jalur lingkaran haha) . Jdi sengaja dibuatkan ending yang sama dengan opening. Mmbuat penonton menebak2 endingnya .pdhal Cukup mngbalikan ending ke openingnya . Mntep deh pngmbngan alur cerita film ini .

    ReplyDelete
  38. baru liat film ini kemarin, gw sebelumnya udah liat film tentang time paradox kayak butterfly effect, looper, donnie darko, interstellar, waktu di awal film gw mikirnya si bartender yang juga agen rahasia pengen aja ngebantu persoalan jane di masa lalu, sambil melakukan misinya menghentikan teroris fizzle bomber di masa lalu. ''setelah menghentikan fizzle bomber dimasa lalu lalu agen itu menjemput jane dimasa lalu terus kembali ke masa sekarang''. gw mikir awalnya seperti itu, sesimpel itu. eh ternyata tidak
    gw juga udah curiga dari pengakuan si suster perawat rumah sakit yang bilang bayinya diambil oleh orang yang perawakan tua, gw curiga yang membawa itu si bartender itu, ternyata bener dan yang gw gak habis mikir ternyata bayinya itu dia sendiri . WTF . tapi gw udah spekulasi bombernya itu dia sendiri. ternyata bener wkwkwkkw
    yang bikin gw masih rada bingung, berarti waktu si bartender membantu jane/jhon, apakah dia tahu masa lalunya? bahwa dia adalah jane/jhon itu sendiri? kalo iya berarti waktu bartender itu ketemu sama jane/jhon dia ingat bahwa dulu waktu dia jadi john dia ditolong oleh bartender untuk kembali ke masa lalunya?? ngerti maksud gw nggak. hahah
    yang gw rada bingung yang kedua masa iya sama persis apa yang percakapan antara john sama jane dimasa lalu? ketika mereka bertemu, ketika mereka di restoran masa iya sama persis percakapannya. terus kan yang aneh bin ajaib dia mencium dan menghamili dirinya sendiri??? WTF. kan harusnya dia tahu kalo dia bakal gitu dimasa lalu bisa aja diubah waktu ketemu sama jane si john langsung lari pergi, atau ketika mereka bercinta si john make pengaman biar si jane gak hamil kan bisa. terus waktu adegan di taman itu, dia kan bilang ''dia akan kembali'', dia kan tahu kalo si john kekasihnya itu bakal bilang gitu waktu dia ditaman dulu. bisa aja kan dia bilang aku gak akan bertemu lagi.
    terus yang adegan muka kebakar itu sebenernya ngapain sih? aku kok gak mudeng yah dia si fizzle bomber ? dia mau ngeledakin bomb tapi gagal ?
    terus di ending cerita gw mikirnya si bartender agen rahasia sadar akan siklus itu terus dia menghentikan dia sendiri aka bunuh diri pistol gak ditembakkan ke fizzle bomber tapi ke dirinya sendiri gw mikirnya sih gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. [EDIT] terus di ending cerita gw mikirnya si bartender agen rahasia sadar akan siklus itu terus dia menghentikan dia sendiri a.k.a bunuh diri pistol gak ditembakkan ke fizzle bomber tapi ke dirinya sendiri gw mikirnya sih gitu kayak film looper ternyata ya emang itu siklus yang gak bisa dia hentikan yang akhinya ketika dia kerja di loundry dia bakal tau kalo dia akan ditembak oleh dia sendiri

      Delete
    2. terus yang adegan muka kebakar itu sebenernya ngapain sih? aku kok gak mudeng yah dia si fizzle bomber ? dia mau ngeledakin bomb tapi gagal ?

      - itu yg kebakar usia 30(Jane/jon)... bukan U45(fizzle bomber)

      Delete
  39. Biar gue jelasin dengan fakta dan ilmiah. Intinya secanggih apapun teknologi mesin waktu hal itu gak akan bisa merubah Takdir! mungkin teknologi itu ada atau bakalan ada. Tapi itu kayak nuangin air segayung ke laut, alias gak akan ada gunanya. Faktanya semua cerita didalamnya bukan suatu hal yang berputar atau berulang-ulang, lihat kulit luarnya dengan baik, nyatanya waktu tetap berjalan maju. Si tokoh utama itu hadir tetapi sesungguhnya tokoh itu tidak ada alias nol. Kalimat mudahnya begini "Untuk melanjutkan hidupnya, dirinya harus membunuh dirinya sendiri" yang artinya adalah kosong alias nol, masa biar hidup lu harus mati.... Nol itu sama dengan tidak ada atau tidak terhingga! bukti lain yaitu pernyataan Robertson dr awal yang sudah jelas, jane / john adalah sebuah mukzizat dan tidak memiliki latar belakang masa lalu.
    Mukzizat itu nilainya tidak terhingga! Ada dan tidak adanya jane/john tidak berpengaruh dengan tragedi dan jalannya waktu, semua tetep maju sesuai takdir. film yang sebenarnya mudah dicerna makna dan esensinya. It's so simple!
    jadi para pemikir, pendebat dan pembingung saudara2 sekalian... jangan terlalu diambil pusing, apalagi nyari kebenarannya...
    Yang bingung yang mikir apalagi sampe berdebat, selamat kalian telah menjadi produk keberhasilan sang pembuat film...
    look from another perspective, do not think stupid, it's just entertainment!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya lu ga nangkep "masalah" dari film ini, gw kutip dari komentar lu "Ada dan tidak adanya jane/john tidak berpengaruh dengan tragedi dan jalannya waktu, semua tetep maju sesuai takdir" sedangkan tragedi pengeboman yg menewaskan banyak jiwa itu jelas jelas dilakukan sama john u45 (fizzle bomber). I think you see from false perspective. :)

      Delete
    2. "look from another perspective"
      Itu sudah jelas bung. Itu perspektif saya, dan anda juga punya perspektif sendiri, so... anda yang justru salah jika mengatakan perspektif saya salah.

      coba di pikir ulang lagi deh "Ada dan tidak adanya jane/john tidak berpengaruh dengan tragedi dan jalannya waktu, semua tetep maju sesuai takdir"

      "semua tetep maju sesuai takdir" itu sudah jelas bung...
      coba di pikir dan di tonton ulang deh, ada dan tidaknya jane/john bom itu tetap meledak dan menewaskan banyak jiwa, siapapun pelaku dan apapun penyebabnya. semua tetap bergerak maju kan.
      saya justru menangkap masalah yang ada, dan sang pembuat film justru sedang memainkan pikiran para penonton dan dia berhasil pada anda.
      kalo kurang jelas coba baca lagi penjelasan logis saya diatas...

      maaf saya gak mau berdebat, sekali lagi itu perspektif saya, maaf jikakalau menyinggung.

      Delete
    3. Sorry kalo udah bilang perspektif lu salah. Gw cuman ga ngerti aja, kalo semua tetap bergerak sesuai takdir buat apa organisasi itu dibentuk, buat apa time machine itu dibuat susah payah?

      Ambil contoh pas adegan mukanya kebakar gara gara mau membatalkan bom yg mau meledak itu, harusnya bom itu meledak tapi john dateng untuk batalin bom itu dan berhasil. jika ga di batalkan itu akan menewaskan seisi gedung kan?

      Anda kayanya belum jelas melihat masalah dari filmnya, karena masalah dari film ini untuk menghentikan bencana yg besar dimasa depan dengan cara mengubah masa lalu, saya ga merasa dimainkan, saya merasa kita harus dituntut lebih untuk memahami film yg hebat ini.

      Maaf telah membuat anda berdebat, saya hanya ingin memberitahu anda perspektif anda jauh dari masalah difilm ini. Dan maaf juga kalo ada kata saya yg menyinggung :)

      Delete
    4. Memang niat John40 ini buat mencegah bencana jd dia bunuh tu John45, Alih-alih ingin jd pahlawan dia sndiri ga punya pilihan lain kecuali jd teroris supaya siklus kehidupannya tetap berada dijalur yg sama.

      Kan sbelun john45 dibunuh dia bilang kalau mau mengubah takdir jgn bunuh sy, klau kau bunuh sy maka kau akan jd sy. Se simple itu.

      Niat John40 sbenarx baik, cm krn trlanjur bunuh john45 dy br sadar klau itu jg brpengaruh sm takdirx. Jd dy hrs menuruti egox dgn mnyelamatkan dirix dmasa depan utk masa lalu dgn ng-bom banyak org.

      Pandangan sy gitu sih .. [-(

      Delete
    5. Memainkan pikiran sih, di liat dari siklus itu jelas semuanya berputar terus menerus aka tidak terhingga. Entah bagaimana semua tragedi itu terjadi, dan siapapun pelakunya. Yang jelas itu semua berjalan maju sesuai dengan takdir.
      secanggih apapun teknologinya.

      I agree with your opinion

      Delete
    6. Sebenarnya Robertson dan elit organisasinya mengutus agen untuk menghentikan terror bom yang di buat oleh agen nya sendiri. Kuncinya saat Robertson mengutus u40 menghentikan fizzle bomber yg notabene adalah u45 agen dia sendiri yang sudah bebas tugas dan bebas berkeliatan dengan mesin waktu nya yang gagal nonaktif. Robertson menemui u40 di rumah sakit saat john akan melakukan tindakan ilegal. Ini cara robertson untuk memutus rantai dengan cara mengirim u40 yg menyamar menjadi bartender dan mengajak u30 ke masa lalu tetapi tidak melakukan hubungan dengan u20. Karena itu awal mula ayam & telur. Film ini bukan konsep mesin waktu granpa paradox hehehe

      Delete
  40. Klo gw bener tuh Mr. Robertson adalah si jane/john juga. Klo gk salah ada percakapan si Mr. Robertson bilang ke john u40 "organisasi ini takkan tumbuh jika bukan untuk mencari fizzle bomber". Brrti kemungkinan Mr. Robertson sengaja merekayasa tentang fizzle bomber biar organisasinya tetap dipercaya utk mnangani masalah fizzle bomber. Dan pastinya mnguntungkan buat dia, krn bakalan dpt job terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ane juga pikir kalo Mr.Robertson itu jane/john. soalnya john u40 itu aga mirip sama Mr.Robertson, dan dengan kata kata Mr.Robertson yg ente kutip itu mungkin organisasinya berkembang karena si john bisa pergi kemana aja kaya melakukan penelitian atau apa karena dia ga mau jadi fizzle bumber dia mau mengubah masa depannya, dan masa depannya itu Mr.Robertson...

      Yok yg mau bahas lagi ane baru nonton tadi soalnya hehe

      Delete
    2. iya ini plot tentang Mr. Robertson adalah Jane/John atau bukan msh jd perdebatan,

      Delete
    3. Inget ga diakhir film si john u45 bilang kan sama john u40 sebelum ditembak "kita adalah Robertson"; " dia yg mengatur seluruh hal" ini memperkuat plot kalo Mr.Robertson itu Jane/John Doe :)

      Delete
    4. klo mnurut gue dialog itu hax sbatas majas yg menyamakan kelakuan mereka dgn si Robertson,

      gue ga liat siklus dr mana si John ini jd Mr.Robertson,

      Delete
    5. Yap. gue juga mikir kalo Mr. Robertson itu John, sebab Robertson pernah bilang "it's shaping wrong doing". itu waktu Robertson ngejelasin ke Jane kalo dia kerja untuk organisasi yang tujan utamanya bukan untuk perjalanan keluar angkasa tapi itu untuk membentuk kesalahan(shaping wrongdoing), dalam konteks ini mungkin maksudnya adalah membentuk "kembali" kesalahan, karna dia tau dia harus mengikuti alur untuk menciptakan eksistensinya dengan menciptakan karakter Fizzle Bomber sehingga terbentuk organisasi untuk mengejar si Fizzle ini dan merekrut John sebagai agen lalu mempertemukannya dengan Jane yang kemudian hubungan antara John dan Jane ini melahirkan seorang bayi yang tidak lain adalah mereka sendiri. begitulah siklusnya terus berputar hingga beratus, beribu, berjuta, bermilyar kali. CMIIW

      Delete
    6. bener juga yah,
      teori anda masuk akal jg,

      Delete
    7. menurut gue teorinya si @fadil di komen sebelumnya paling masuk akal, sependapat dan sesuai juga dengan teori pemikiran @anonymous diatas, kalo siklusnya berputar artinya mau gak mau kan itu semua harus terjadi, otomatis itu udah jadi takdir. jadi semua tetap maju sesuai alur. Siklus itu terus berulang alias tidak terhingga, dalam ilmu matematika tidak terhingga itu bisa juga dikatakan sebagai nol. jadi Mr. Robertson atau John atau Jane memang harus melakukan semua siklus itu berulang-ulang. So... mau ada atau tidak adanya mereka atau mau bagaimana semua masalah itu terjadi, semua itu tetap akan berjalan sesuai dengan takdir.

      Delete
  41. ... dan saya baru nonton di tahun 2016, setelah selesai nonton kemudian nyasar masuk kesini untuk baca desk. cerita filmnya (plus semua komentar2nya). jadi tambah ngerti setelah saya lalui semuanya. 1.nonton filmnya, 2.nonton traillernya, 3.baca sinopsisnya. baru sadar ternyata filmnya seru bgt. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyasar yg baik itu kalau ada manfaatnya,
      makasih nyasar disini :)

      Delete
  42. Wkwkkw.. Baru aja nonton... Awalnya bingung, tapi habis baca review disini sama komen2nya baru 'ngeh. Makasih buat reviewnya.

    ReplyDelete
  43. Great Movie.. gw ketinggalan.. ni bru ja slsai nonton..wkwkwk.. nice review bro..

    ReplyDelete
  44. Great Movie.. gw ketinggalan.. ni bru ja slsai nonton..wkwkwk.. nice review bro..

    ReplyDelete
  45. Jadi kesimpulannya si pemeran utama film ini ialah manusia yg lahir dari mesin waktu.
    Mau tanya dong, film lain yg sinopsisnya sama/hampir seperti film ini apa ya? Minta rekomendasi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton aja film2nya yg disutradarai Spierig

      Delete
  46. Gw setuju Robertson adl John adl Jane.. Ketiganya dr masing2 waktu ingin memperbaiki masa lalunya.. Di mulai dr Robertson lompat ke masa lalu bertemu dengan dirinya yg muda (John) dsb

    ReplyDelete
  47. Seperti nonton film ttg LGBT.

    ReplyDelete
  48. Br semalam ntn filmnya di Fox Movies, yg jadi pertanyaan gw buat kalian, di tahun 1993 keatas, siapa yg hidup, siapa yg nyata ada? Thx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya hidup, ga ada ujung

      br main di fox yah

      Delete
  49. Uda 3x nntn ttp ga ngerti ampe baca sinopsis dan comment" di sni . Yg bkin gw bingung pas nntn ampe 3x adalah siapa yg jadi emaknya dan siapa yg jadi anaknya . Kl fizzle bomber ud keliatan jls , itu si John di masa depan . Lucu aja si Jane ngelahirin ank yg nmnya jg Jane trs anknya di culik , di mskkin panti asuhan trs siklus hidupnya jdi ky Jane yg ngelahirin anak . Weird tp , best bngt sih ini film bkin pusing .
    Kl nntn butterfly effect lebih jelas alur ceritanya dan ga ampe seribet ini haha .

    ReplyDelete
  50. "Just enjoy the show.."mungkin itu yg di mau in director nya

    ReplyDelete
  51. "Just enjoy the show.."mungkin itu yg di mau in director nya

    ReplyDelete
  52. Buat yg bingung mr Robbertson itu siapa. Lihat aja daftar cast di imdb. Tidak ada nama aktor pemeran mr Robbertson. Jadi ada kemungkinan mr Robbertson itu Jane/John atau Ethan hawke sendiri hahahah

    Atau bisa saja pembuat cerita sengaja membuat karakter Mr Robbertson ini janggal,agar selalu diperdebatkan sampai 2016 ini wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada keles.. pemeran Mr. Robertson namanya Noah Taylor. Di imdb juga ada kog disebutkan di list full cast-nya. Di akhir film juga cuma disebutin 3 pemeran utamanya, Ethan Hawke (sebagai John setelah operasi wajah), Sarah Snook (sebagai Jane & John sebelum operasi wajah), dan Noah Taylor (Mr. Robertson).

      Delete
  53. setelah nonton film ini jangan jangan kasus-kasus atau tragedi seperti 1974 tumpahan bahan kimia di chicago (324 di selamatkan), tahun 1991 jerman (1.861 terselamatkan) 1968 pabrik senjata di heist (3027 terselamatkan ) adalah dia yang pelaku nya dia juga yang menyelamatkannya ... gue yakin itu karena dia tau persis dimana letak bom dan tempat peristiwa itu terjadi. ada yang setuju ??

    ReplyDelete
  54. setelah nonton film ini jangan jangan kasus-kasus atau tragedi seperti 1974 tumpahan bahan kimia di chicago (324 di selamatkan), tahun 1991 jerman (1.861 terselamatkan) 1968 pabrik senjata di heist (3027 terselamatkan ) adalah dia yang pelaku nya dia juga yang menyelamatkannya ... gue yakin itu karena dia tau persis dimana letak bom dan tempat peristiwa itu terjadi. ada yang setuju ??

    ReplyDelete
  55. Gue juga baru liat di fox movies.. baru aja selesai.. awalnya sih agak bingung,tapi setelah nonton sampe selesai.. akhirnya ngerti tapi dikit..
    Intinya sih film ini ceritanya berulang-ulang dan gak ada ujungnya..

    ReplyDelete
  56. Gue juga baru liat di fox movies.. baru aja selesai.. awalnya sih agak bingung,tapi setelah nonton sampe selesai.. akhirnya ngerti tapi dikit..
    Intinya sih film ini ceritanya berulang-ulang dan gak ada ujungnya..

    ReplyDelete
  57. Gan mau nanya kalo jhon u40 uda berhasil membunuh u45 berarti fizzle bomber gk akan pernah ada, kalo fizzle bomber gk ada berarti organisasinya mr.robertson tidak akan pernah ada dong??? Dan si jhon juga gak akan pernah terlahirkan??? Ini yg sampe sekarang gw bingungin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalau john 40 mbunuh u45 fizzle bomber ttp ada,
      seandainya u40 ngga nge bunuh u45, fizzle bomber ga ada.

      se simple itu

      Delete
    2. "Justru kalau john 40 mbunuh u45, fizzle bomber ttp ada"

      Kok gitu?? bisa dijelasin lagi nggak kawan, saya bingung nih :-? :-?

      Delete
  58. Saya baru nonton film ini, emang bingung banget, tp baru rada2 ngeh setelah baca blog ini. Masih ada beberapa yg ganjel sebenernya, kalo boleh tanya :
    1. Itu si agen yg mukanya rusak kena bom di umur brp?
    2. Klo si agen yg mukanya rusak kena bom adalah di masa u30, setelah di operasi kan mukanya rusak sekali, kok bisa jadi si agen u40? Ga dicritakan detail disitu? Mksd saya bagian mana yg menunjukkan kalo agen yg kena bom dan muka rusak itu adalah agen yg sama(u30 & U40)???

    Kalo utk teori si robertson itu adalah org yg sama dgn jane/john, entah kenapa saya setuju dgn komentar2 di atas. Krna kalo di perhatikan, orang2 yg terlibat itu pada merokok semua, trmasuk robertson. Saya pikir dimulai sejak jane menjadi laki2 kebiasaan merokoknya tidak bisa hilang, termasuk ketika menjadi penjaga bar dan menjadi john (u30).

    Tolong di jawab dulu ya kalo bisa pertanyaan saya. Btw makasih resensinya, membuka pertanyaan di otak saya satu demi satu ttg film ini

    ReplyDelete
  59. Saya baru nonton film ini, emang bingung banget, tp baru rada2 ngeh setelah baca blog ini. Masih ada beberapa yg ganjel sebenernya, kalo boleh tanya :
    1. Itu si agen yg mukanya rusak kena bom di umur brp?
    2. Klo si agen yg mukanya rusak kena bom adalah di masa u30, setelah di operasi kan mukanya rusak sekali, kok bisa jadi si agen u40? Ga dicritakan detail disitu? Mksd saya bagian mana yg menunjukkan kalo agen yg kena bom dan muka rusak itu adalah agen yg sama(u30 & U40)???

    Kalo utk teori si robertson itu adalah org yg sama dgn jane/john, entah kenapa saya setuju dgn komentar2 di atas. Krna kalo di perhatikan, orang2 yg terlibat itu pada merokok semua, trmasuk robertson. Saya pikir dimulai sejak jane menjadi laki2 kebiasaan merokoknya tidak bisa hilang, termasuk ketika menjadi penjaga bar dan menjadi john (u30).

    Tolong di jawab dulu ya kalo bisa pertanyaan saya. Btw makasih resensinya, membuka pertanyaan di otak saya satu demi satu ttg film ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. itu u30 yg jd cowo sbelumx, jd pas muka dia ancur jd lah mukax u40, tp karakterx tetap jane/john
      2. pas bagian u40 ditodong senjata oleh u30, itu menandakan u30 sadar kalau u40 adalah benar2 dirinya dr masa depan

      soal robertson, sgt BANYAK di komentar atas :)

      Delete
  60. ya gini kalo teori time paradox di terjemahkan dalam film, dan teori time paradox mengamini teori (lupa namanya) bahwa dalam ruang kita bisa bergerak bebas, tapi dalam waktu kita cuma bisa "kedepan" tidak ke belakang, jadi gak mungkin krn ada paradoks yabg membingungkan,kalopun bisa ke masa lalu, ya kapasitasnya cuma "percikan air" yg berusaha merubah arah arus sungai, dan setiap kembali ke masa lalu ya "arus sungai"nya bakalan tetep, ga bisa dirubah, film yg brasil ngrubah masa depan dalam ukuran "arus sungai" ya x men day future past. oiya, coba tonton "extras interstellar" tentang real science yg mendasari film interstellar ada nyambungnya.
    hehe

    ReplyDelete
  61. Film ini hampir mirip ceritanya sama film Edge Of tomorrow ya?

    ReplyDelete
  62. dan ane baru selesai nntn ni film (ajegilee).trus baca ni blog sama komen2 ny dr awal sampe akhir baru ngerti makna film nya.

    ReplyDelete
  63. Yang masih jadi pertanyaan, Robertson itu siapaaaa????

    ReplyDelete
  64. Kenapa dia milih jadi teroris pada akhirnya? padahal kan kalo dia ga jadi teroris mungkin ga ada masalah apa2 gitu di kehidupan selanjutnya?
    kedua, trus kok dia bisa gitu ga ngenalin org yg hadir dalam hidup dia padahal kan itu diri dia dimasa depan , kan dia bisa ngaca?

    ReplyDelete
  65. ada yg ngeh gak disaat awal main. itu ada 3 orang. u30 u40 dan u45 dalam satu gedung.

    menit 01:30 U30 Buka kain penutup bom (waktu bom 1menit 24detik) lalu ditembakin sama U45,U45 kabur tapi bom meledak hancurlah wajah U30 ...yg nyamperin U40

    MENIT 1:01:23 adegan U45 menutupi Bom.
    U40 nembak U45 ... U40 kalah ditinggalin sama U45 lalu ada suara tembakan (U30 Buka kain penutup bom lalu ditembakin sama U45,U45 kabur tapi bom meledak hancurlah wajah U30) kemudian U40 datanng menyaksikan U30 yg wajahnya hancur ngilang pake mesin waktu

    ReplyDelete
  66. kalo ada yg bilang robertson adlh org yg sama dgn jane/john, berarti dia jane/john di usia yg ke brp? sementara hidup mereka terakhir cuma usia 45 ( fizzle bomber )

    ReplyDelete
  67. Setelah saya baca semua komen diatas saya jdi faham dan ingin mengemukakan opini saya ttg pertanyaan apakah mr. Robertson itu adalah jane/john, menurut saya ya, mr.robertson adalah john u40 yg setelah menembak u45 dia memilih untuk tidak menjadi teroris kemudian dia menikah dgn si cewe penjaga toko sampai terjadinya kejadian di masa depan yg tumpahnya minyak dan teroris meledakkan pabrik senjata, karna dia masih pnya mesin waktu,maka dia membuat biro agensi temporal dan kembali ke masa lalu untuk merekrut dirinya menjadi agen dan menghentikan kejadian dimasa depan dgn cara menjadi teroris,namun,jika dia menjadi teroris terus menerus maka sosok mr.robertson tdk akan tercipta,jdi supaya mr.robertson ttp ada,si fizzle bomber hrs mati dan john tetap jdi fizzle bomber,masa depan jane/john adalah mr.robertson. bisa diterima ga ya opini gue,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya Mbak Cahaya yg paling klir dan gak bikin pusing logikanya 😀

      Delete
    2. Kayaknya Mbak Cahaya yg paling klir dan gak bikin pusing logikanya 😀

      Delete
  68. Tadi film ini rerun di transtv. Saya baru peryama nonton
    Thanks reviewnya.

    ReplyDelete
  69. Menurut sy endingny gk tuntas dan bikin bingung.. setelah u40 bunuh u45.. trus u30..... bingung dan gk tuntas.. padahal ceritanya bagus ditengahny

    ReplyDelete
  70. Kayaknya nggak seru kalau saya nggak ikutan komen. Saya sampe nonton 2x lho biar mudeng ceritanya.

    Jane muda merasa dia 'terjebak' dalam tubuh wanita, karena merasa dia lebih unggul dari perempuan manapun. Semacam ada kelebihan hormon pria di dalam tubuhnya. Sampai dia sadar setelah melahirkan, dokter memberitahunya kalau dia bisa melanjutkan hidup sebagai pria.

    Duh nggak ngebayangin, masih sakit hati ditinggalin cinta pertama, lalu belum sembuh luka akibat operasi cesar jaman dulu (pasti lebih sakit), trus kehilangan anak, payudara membesar sakit karena nggak menyusui, dan harus nerima kenyataan kalau dia harus operasi untuk menjadi pria (menghilangkan payudara juga lho). Pantesan si jane kyk depresi banget.

    Dulu saya suka ngebayangin cacing, dia kan hermaphrodite yang mempunyai alat reproduksi jantan dan betina. Bisa nggak ya mereka membuahi dirinya sendiri? Dan ternyata kata guru Biologi tetep nggak bisa.

    Nah di film ini, manusia yang hermaphrodite bisa membuahi dirinya sendiri asalkan salah satu dirinya kembali ke masa lalu atau pergi ke masa depan.

    Keren? Engga, menurutku jijik. It's very sick!

    John si Fizzle Bomber yang di laundry usia 45 kok tua renta banget ya kyk umur 70an gitu, padahal kan cuma beda usia 5 tahun aja sama John U40 yang menembak dia.

    Dari awal si John ini emang udah mengalami gangguan mental, dia cinta pada dirinya sendiri, narsis berlebihan, ga peduli jenis kelamin kyknya. Buktinya si John u45 aka Fizzle Bomber minta agar si John u40 tetap bersamanya selama-lamanya dan nggak perlu membunuhnya. Nah si John u40 sudah terlanjur membunuh baru sadar dan mikir, dan pasti menyesal. Akhirnya dia memutuskan jadi Fizzle Bomber agar si U30 dan U40 mengejar dirinya untuk memperbaiki kesalahan (Reshaping Wrongdoing)

    Begitulan menurut saya.

    ReplyDelete
  71. Inti dari film ini sederhana kok, gimanapun usaha ente ngrubah takdir, gak akan bisa kalau memang sudah digariskan.. kuncinya ya di judul ini film sendiri "predestination alias takdir" hahaha, 1 lagi di quote ini "seperti ular yg mengejar ekornya sendiri,", intinya yg dilakuin john/jane, akan terus terulang hahaha sial bener ni orang huhu, dihamili diri sendiri, lahir dari rahim sendiri, dibuang sendiri, ngancurin masa depan sendiri wakakak..

    Oh ya, endingnya gue kurang setuju, itu si john tetep bakal jadi terroris di akhir film, dan terjadi lg ular yg mau nangkep ekornya hahaha

    Dont mess with time!! Nice rev btw

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. pengen nanggepin komen2 diatas ttg mr.robertson itu jane/john bukan sih? jadi gini, penjelasan yg paling bagus dari cahaya dan anonymous mau aku tambahin. menurutku di film ini time travel ga berjalan secara linear dimana kalau kita balik ke masa lalu dan membunuh kakek kita, kita masih bisa ttep hidup terus (beda sama film back to the future yg kalau kakek kita mati, tiba2 kita hilang dari muka bumi).

    Nah, initinya, diakhir film penonton disuruh ngebayangin sendiri kelanjutannya yg paling masuk akal:
    1. dimana john memutuskan utk ga jadi teroris, kemungkinan dia nikah sama mba2 penjaga toko, tapi kemudian tjd tumpahnya minyak dan peledakkan pabrik senjata oleh teroris yg bikin banyak orang mati, disitu dia baru mikir trnyata keputusannya salah akhirnya dia balik ke masa lalu dan bikin biro agensi temporal utk nangkep fizzle bomber yg sbnernya adalah dia sendiri.
    2. dimana john memutuskan utk jadi teroris/ fizzle bomber. Karena dia mikir kalau ngga kaya gitu dia bakal ngerusak siklus hidupnya sendiri. akhirnya ceritanya jadi kaya yg ada di film itu, dan mr.robertsons ttep bakal dteng juga dari masa depan krn dia udh tau bakal kaya gitu ceritanya.

    ReplyDelete
  74. boleh ikutan komen? :-d lebih tepatnya mau nanya sebenarnya yang bisa diteliti di film ini apa ya? [-(

    ReplyDelete
  75. Film ini tidak memiliki awal ataupun akhir, hanya loop. Sesuai namanya yg diambil dari Predestination Paradox.

    ReplyDelete
  76. Film ini tidak memiliki awal ataupun akhir, hanya loop. Sesuai namanya yg diambil dari Predestination Paradox.

    ReplyDelete
  77. ngikut komen, boleh ya 😁 Kl menurut versi gw, inti ny film ini ttg alur takdir seseorang yg tidak bs berhenti ngulang perjalanan hidup ny, yg bs dilihat dari karakter utama akhir ny ga mau siklus kehidupannya berhenti begitu saja karena yg d pikirin (ending part) oleh karakter utama apapun yg tejadi dlm kehidupannya cuma dirinya di masa lalulah hal yg terbaik dlm perjalanan hidupnya dan dia jadi rindu hal tersebut utk terjadi dan terjadi lagi 😊

    ReplyDelete
  78. bagus nih film..jadi keinget steins;gate

    ReplyDelete
  79. U45 udah pasti tau dong klo dia bakal di bunuh U40,tapi kenapa di hari itu dia tetap di laundry?dan harus nya U45 juga ikut nyamperin U30 dan U40 saat bertemu agar bisa merencanakan merubah masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. U45 sudah bosan dengan jalan hidupnya yg muter2 dari bayi dewasa tua bayi lagi.. dari semua film time travel yg pernah saya tonton film ini adalah yg paling njengkeli.. nyesel ane liatnya

      Delete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  81. seperti ular yg memakan ekornya sendiri selama-lamanya..
    btw kita semua yg komen disini adalah kandidat time traveler yg belum punya mesin waktu.. mungkin ada yg lebih parah dari saya? semua film tentang time travel sudah saya tonton. kalau kalian punya mesin waktu spt di film ini atau mobil delorean apa yg akan kalian rubah di masa lalu?

    ReplyDelete
  82. Nih film bagus banget..
    Awalnya ane nonton sampe di adegan diskotik udah boring.. Adegan selanjutnya bikin melek sampe akhir.. Endingnya gak nyangka..

    ReplyDelete