Sinopsis Film Carol


Ada lagi film yang mengangkat kisah LGBT, tentu saja ini cuma terjadi pada tahun 70-an dimana hubungan sesama jenis masih sangat dilarang. Adalah Therese (Rooney Mara) yang awalnya mengalami hidup biasa saja hingga suatu malam ia bertemu dengan seorang wanita bernama Carol (Cate Blanchett) yang agaknya lebih tua dari dirinya.

Yang menjadikan Therese tertarik adalah Carol ini seorang wanita kaya yang penuh akan kelembutan. Meski punya suami, Carol juga agaknya memberi perhatian lebih pada Therese. Sehingga hubungan mereka tampaknya semakin dekat.

Film Carol sebenarnya memiliki cerita klasik yang terlalu dipanjangkan. Terbukti dari ceritanya yang diisi dengan terlalu banyak adegan panjang nan membosankan. Satu-satunya yang menarik adalah ketika adegan bercinta antara Therese dan Carol. Di sini saya akui penampilan Cate Blanchett masih dengan performa terbaiknya.


Sama seperti penampilannya di film Blue Jasmine ketika berhasil meraih Oscar. Bahkan menurut saya karakter Carol yang dibawakannya di film ini masih hampir sama dengan karakter Jasmine.

Sebuah film drama lambat yang tidak mudah bagi siapa saja untuk menontonnya, termasuk saya sendiri. Kenapa?

Sutradara Todd Haynes mengarahkan film Carol dari skenario Phyllis Nagy dengan tingkat presisi yang berat dan luar biasa. Yang mengangkat drama, kisah cinta lesbian, dengan dua peran apik antara Rooney Mara dan Cate Blanchett yang menurut saya lumayanlah, tidak begitu mengecewakan.

Itu untuk kualitas perannya, yang bagi penilaian saya jauh berbeda dengan ceritanya. Memang cukup mengejutkan sebuah film yang masuk di beberapa nominasi Oscar yang justru setelah saya tonton tidak menemukan dari sudut manapun terhubung secara emosional di film ini. Karena banyak di beberapa bagian dan adegan film berjalan begitu sangat lambat dan kadang sedikit membosankan.

Puncaknya ketika film yang lambat seperti Carol ini justru disajikan dalam durasi yang cukup panjang. Memang cuma dua jam, tapi untuk perhitungan mengenai film yang membosankan, dua jam sudah cukup sebagai waktu yang sangat lama. Tertidur? Iya saya sempat tertidur. Kecuali bagian kejutan dimana adegan bercinta antara Therese dan Carol.

Selebihnya, hanya sebuah script datar yang tak mampu menyajikan sebuah cerita yang menarik. 3/10.




Plot Keywords: waterloo iowa | department store | christmas | female protagonist | one word title
Taglines: Some people change your life forever
Genres: Drama | Romance
Country: UK | USA
Language: English
Release Date: 15 January 2016 (USA)
Also Known As: The Price of Salt
Filming Locations: Cincinnati, Ohio, USA
Opening Weekend: $253,510 (USA) (20 November 2015)
Gross: $253,510 (USA) (20 November 2015)
Production Co: Number 9 Films, Dirty Films, Film4

0 komentar:

Post a Comment