Sinopsis Film Victor Frankenstein


Seorang badut sirkus seperti Igor (Daniel Radcliffe) yang membayangkan menjadi seorang ahli medis mungkin hanya mimpi semata. Tapi itu bisa saja terjadi dengan kebetulan. Sebelumnya Igor tak akan bernama Igor jika dirinya tak pernah bertemu dengan Victor Von Frankenstein (James McAvoy). Victor adalah seorang mahasiswa kedokteran yang terobsesi dengan segala bentuk kematian yang berusaha ia hidupkan kembali.

Disinilah kisah yang menjadi sudut pandang Igor, dimana Victor merekrutnya sebagai partner ketika Victor melihat dalam diri Igor ada bakat terpendam yang siap diasah ketika ia menyelematkan seorang gadis sirkus bernama Lorelei (Jessica Brown Findlay) yang terjatuh.

Obsesi Victor tak lain karena pada masa lalu, saudaranya tewas dalam badai salju. Sebenarnya Igor tak pernah setuju usaha Victor untuk menghidupkan kembali orang mati. Tapi ia tak punya pilihan karena merasa berhutang budi pada Victor.

Namun usaha membuat mayat hidup yang dilakukan Victor bersama Igor tidaklah berjalan mulus, karena mereka juga dikejar seorang polisi bernama Inspektur Turpin (Andrew Scott) dan juga bantuan oleh Finnegan (Freddie Fox) yang ternyata membawa rencana busuk bagi Victor dan Igor.

Igor : "I will give you life."

Mana monsternya?

Menonton film ini dan mengharapkan sesuatu yang lebih, bisa dibilang itu hanya mimpi. Benar, film Victor Frankenstein digarap sangat berbeda dari kebanyakan film yang mengangkat tentang cerita Frankenstein. Sutaradara Paul McGuigan seolah memberi sinyal pada penggemar sosok Frankenstein bahwa film ini akan memiliki sekuel yang mungkin lebih menjanjikan. Itu kenapa duet aktor Daniel Radcliffe dan James McAvoy disematkan kedalam film ini.

Tapi ada yang terlupakan di film ini, adalah aksi nyata dari sosok monster yang seperti orang kenal. Yah, sosok itu adalah Frankenstein. Dan sampai kapan pun, Anda takkan menemukan sosok itu sama sekali di film ini.

Buang-buang waktu

Saya yakin keseruan yang ada di film ini sangat berbeda dengan trailernya. Saya akan ceritakan kenapa menganggapnya membuang waktu saya, dan semoga Anda mengerti dan memakluminya. Seperti yang kita tahu, di awal Igor bercerita sambil memperlihatkan adegan yang sebenarnya adalah adegan akhir. Jadi saya, termasuk penonton seperti Anda pastinya menunggu sesuatu akan terjadi. Saya terus menunggu, dan menunggu, terus menunggu, akhirnya saya terus menunggu. Sampai tak ada apa-apa yang terjadi.

Memang ada sesuatu yang terjadi pada ending-nya seperti yang diperlihatkan di bagian awal, tapi sesuatu yang terjadi itu benar-benar seolah tak ada yang terjadi. Cerita digarap sedemikian rupa namun ending malah menghancurkannya. Paham maksud saya?

Ibaratnya seperti ini, ada seseorang yang berusaha membuat istana pasir. Tapi pada akhirnya bosan dan dia menghancurkannya. Persis seperti apa yang ada di Frankenstein, cerita berusaha dibangun dengan baik, tapi pada akhirnya hancur begitu saja karena tak ada klimaks atau jawaban yang menarik. Jadi intinya, penonton seolah melihat pertunjukan sulap. Dimana pada akhirnya, semua meninggalkan sejumlah pertanyaan.

Jangan lagi

Banyak hal sebenarnya yang membuat Victor Frankenstein sangat mengecewakan selain script-nya yang buruk. Salah satunya adalah adegan action-nya yang menurut saya sangat kurang. Padahal jika sebuah film memiliki kombinasi aktor seperti Daniel Radcliffe, James McAvoy dan Andrew Scott di satu layar, mungkin Anda akan melihat sesuatu yang seru. Dan sekali lagi itu hanyalah mimpi.

Hal terakhir yang saya sampaikan adalah tentang sekuel yang saya singgung di awal review. Saya harap tidak ada lagi sekuel. Tapi apa yang bisa saya harap jika ini mengenai karakter terkenal dan aktor terkenal pula? Pada akhirnya bisnis tetaplah bisnis, karena ujung-ujungnya adalah keuntungan. 3/10.




Plot Keywords: frankenstein | obsession | friendship | assistant | medical student
Taglines: Discover the origin of the monster and his creation.
Genres: Drama | Sci-Fi | Thriller
Country: USA
Language: English
Release Date: 25 November 2015 (USA)
Also Known As: Igor
Filming Locations: London, England, UK
Opening Weekend: $2,350,000 (USA) (27 November 2015)
Gross: $5,773,519 (USA) (25 December 2015)
Production Co: Davis Entertainment, TSG Entertainment, Moving Picture Company (MPC)

0 komentar:

Post a Comment