Sinopsis Film As Above, So Below

Film thriller psikologis berjudul As Above, So Below (2014) ini sepertinya terlalu bersemangat untuk menjadi sebuah film horror. Takutnya saya tidak bisa terlalu menikmati film ini. Awal film berjalan dengan lancar, tapi semakin dalam para karakter menuruni gua katakombe, semakin saya sadar kalau mereka tak punya tujuan sama sekali. Tujuan mereka sebenarnya harta karun, tapi setelah dapat sepertinya mereka seakan lupa. Apalagi, yang paling tidak masuk akal dan cukup mengganggu adalah ketika karakter Scarlett bisa memecahkan teka-teki yang bisa dibilang sangat rumit di bawah tekanan kuat hanya dalam hitungan detik.

Ada lagi yang menjanggal, kita tahu karakter utama Scarlett membutuhkan bantuan dari karakter George untuk membaca bahasa kuno. Tapi setelah sampai di gua, kebanyakan yang paling berperan utama membaca tulisan kuno justru karakter Scarlett. Dan lagi, karakter Scarlett membutuhkan bantuan karakter Papillon untuk memimpin mereka memasuki jalan katakombe. Tapi kita tahu sepanjang film yang memimpin perjalanan para karakter adalah Scarlett. Dan kebanyakan yang menemukan jalan baru adalah Scarlett juga.

Terakhir yang membuat saya bingung adalah karakter perempuan dingin bergaun putih yang seperti mengikuti para karakter utama. Saya menyaksikan sampai akhir film, dia sama sekali tak ada hubungannya dengan cerita di film ini. Mungkin saja ada yang terlewatkan, tapi saya tak akan menonton film macam ini untuk kedua kalinya hanya untuk mencari plot hole semacam itu. Berikut Sinopsis dan Jalan Cerita Film As Above, So Below (2014).

Sinopsis Lengkap Film As Above, So Below (2014)

Cerita As Above, So Below diawali oleh seorang profesor muda bernama Scarlett (Perdita Weeks) yang memasuki sebuah gua terlarang di Iran. Dibantu penduduk lokal bernama Reza (Hamid Djavadan), Scarlett berhasil memasuki gua meski nyawanya sempat terancam. Di sana ia menemukan sebuah petunjuk bernama 'Rose Key' yang mengarahkan dirinya menujun ke gua Katakombe di Paris Perancis. Ketika tiba di Paris, Scarlett bersama Benji (Edwin Hodge) mendatangi George (Ben Feldman) yang ahli menerjemahkan bahasa kuno.

Untuk masuk ke dalam Katakombe, mereka membutuhkan penunjuk jalan bernama Papillon (François Civil) yang dikenal mengetahui jalan berliku di dalam Katakombe. Tiba di sana, mereka terjebak di jalan yang berputar. Mereka sadar telah terjebak di sana bahkan membuat Papillon putus asa. Satu-satunya jalan untuk mereka keluar adalah dengan turun ke bawah. Perjalan yang semakin dalam membawa mereka pada pengalaman paling mengerikan dalam hidup mereka.

Satu persatu dari mereka bahkan harus sampai tewas karena teror yang menyerang mereka semakin kuat. Di samping teka-teki yang mereka harus pecahkan membuat mereka sadar bahwa beban hidup yang selama ini mereka pikul harus mereka lepaskan agar bisa selamat dari gua tersebut. Yang pada akhirnya, hanya Scarlett, George dan Ted yang berhasil selamat.

Scarlett : "This is 'as above, so below'."



13 komentar:

  1. menurut saya sih wajar kalo Scarlett bisa mentranslate-kan bahasa kuno itu, soalnya kan dia bisa 4 bahasa asing, dan 2 bahasa kuno. Dan untuk pemecahan masalah, kan ada tuh yg katanya manusia bisa jadi lebih pintar kalo terdesak. Soal pemandu itu juga, semakin dalam Papillon kan semakin ga tau karena dia ga pernah masuk ke dalam. Sisanya, memang cukup membingungkan, seperti wanita pucat yg sepertinya selalu memperhatikan Benji...

    ReplyDelete
  2. Dan apabila cermat, perempuan berbaju putih yang bertemu dengan group di depan Bar akan kembali ditemui di gua. dia adalah pemimpin grup aneh yang bernyanyi bersama. dan lagi perempuan itu adalah penyebab Benji mati di bibir sumur.
    namun yang masih menjadi pertanyaan adalah, apa hubungan Benji dengan perempuan itu?

    ReplyDelete
  3. Kaget banget pas benji di dorong sama prempuan misterius... Ceritanya nggak jelas tapi bikin penasaran seterusnya...

    ReplyDelete
  4. Kaget banget pas benji di dorong sama prempuan misterius... Ceritanya nggak jelas tapi bikin penasaran seterusnya...

    ReplyDelete
  5. Sebenernya saya berharap film ini di remake dan mungkin alur cerita dan endingnya bisa lebih ngena. Dengan tujuan batu bertuah yg awal di bicarakan mengenai keabadian kenapa ga dibawa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dalam film nya dikisahkan kalau ingin keluar harus mengembalikan yg asli , lalu dapat batu bertuah yg lain .
      scarlett lari2 untuk balikin ke asal kan nemu setan lah , kolam darah . stelah dia balikin tuh batu dia mencari batu yg lain lalu dia nemu kaca . di kaca itu wajahnya semerah darah sama seperti batunya . lalu dia sadar bhwa yg bisa menyelamatkan hidup itu cm diri sendiri . maka dari itu dia langsung pergi tanpa membawa batunya . karena memang seharusnya batu itu tidak pernah dipindahkan

      ada cerita jg tentang batu itu di novel karya oranglain tentang nicolas flamel . maaf saya lupa judulnya bukunya ngumpet ntah dimana hahahah

      Delete
    2. wahh nice bgt jd ada sedikit pengertian, tp aku masih bingung sebenernya pas mereka masuk gerbang neraka itu kenapa semuanya jd kayak terbalik ya? apakah dia jd masuk dunia cermin lg atau gimana??

      Delete
  6. Mungkin itu ada hubungannya dengan kehidupan Benji.
    Soalnya Papillon mati karena tragedi yg pernah terjadi di hidupnnya.
    Kalo George adiknya.

    ReplyDelete
  7. Ada yg tau ga nama pemain film wanita berbaju putih yg bertemu dengan benji di bar ??

    ReplyDelete
  8. nonton film kok nyari plot hole? kalau saranku si jangan gengsi nonton buat keduakalinya, biar gak ketemu plot hole. kalau perlu jangan cuma dua kali. kalau sampe limabelas kali nonton masih sama kesimpulannya (tentang "plot hole" yang kau temukan itu), dengan berat hati saya menyimpulkan akalmu "not above but below".

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete