Sinopsis Film Whiplash

Jazz, salah satu aliran musik yang mungkin tidak saya pahami. Jika membicarakan hal semacam itu, film Whiplash tampkanya memperkenalkan bahwa muski Jazz benar-benar aliran yang sangat berbeda dari kebanyakan aliran musik lainnya.

Miles Teller, karakter apapun yang ia perankan selalu dibawakan dengan baik. Di film ini ia berhasil memainkan karakter muda ambisius penuh bakat dengan baik. Segala bentuk akting, cerita, dan plot yang dipadukan dengan baik oleh sutradara Damien Chazelle.

Yang membuat saya terkejut di film ini adalah endingnya. Sebelum ending, tentu ada beberapa adegan klimaks yang memberi tanda bahwa film akan berakhir. Di sini, ketika karakter Andrew membawa Caravan dengan sempurna, saya merasa adegan itu adalah klimaksnya. Tapi entah bagaimana pukulan drum terakhir karakter Andrew justru mengakhiri film ini. Benar-benar ending yang nge-gantung. 6/10.

Andrew (Miles Teller) adalah drummer jazz muda yang ambisius, berpikiran searah dalam mengejar karirnya ke puncak musik elit. Ia belajar di bawah arahan mentor kejam dan tegas bernama Terence Fletcher (J.K. Simmons). Tapi ambisi Andrew untuk menjadi drummer Jazz terbaik justru mulai kehilangan jati dirinya.

Setelah beberapa insiden yang mencelakai Andrew, Terence dipecat dari pekerjaannya sebagai pengajar musik. Beberapa waktu kemudian, Terence kembali bertemu Andrew untuk mengisi drum yang kosong pada pertunjukan yang akan dipimpin Terence.

Di pertunjukan yang sedang berlangsung itu, Andrew dijebak karena mengira Terence akan membawakan Whiplash, padahal bukan. Dipermalukan di depan penonton, Andrew lalu menunjukkan kemampuannya membawakan Caravan tanpa melihat map bar musiknya. Musik yang sulit dibawakan oleh pemain drum mananpun.

Terence : "All right, gang, Whiplash."



2 komentar:

  1. my personal tribute -- https://www.youtube.com/watch?v=Ds1AnwS6y8Y

    ReplyDelete
  2. emang bener, ane baru nonton ini emang gregeett bngt, njirrr apalagi ane berharap ada nicole yg terpesona, malaah bubar kan anj***

    ReplyDelete