Kisah yang ingin disampaikan oleh Jeremy Saulnier dalam film ini cukup sederhana, yaitu bagaimana kinerja dari sebuah sistem sebab dan akibat pada kehidupan lengkap bersama masalah serta konsekuensi. Dimana seorang yang tak mempunyai rencana, akan menanggung akibat yang tak ia sangka.

Sinopsis Film Blue Ruin
Dwight (Macon Blair), pria berjanggut dengan penampilan lusuh dan wajah kusam yang seolah tanpa motivasi dan tujuan hidup. Hidup di dalam mobil Pontiac berwarna biru miliknya, penuh karat seolah tak bisa menyala lagi. Hal itu melengkapi betapa berantakannya kehidupan yang ia miliki.

Faktanya memang begitu, berkelana dari rumah yang berbeda hanya untuk numpang mandi, dan setelah itu menghabiskan harinya yang kosong dengan menyendiri duduk santai di area pantai. Hal tersebut menjadi rutinitas yang ia lakukan sembari menunggu saat itu tiba, saat dimana ia hendak membalaskan dendam pada orang yang telah membunuh orang tuanya.

Suatu ketika, saat Dwight tertidur pulas di mobilnya, petugas Eddy (Sidné Anderson) datang menghampirinya untuk memberi sebuah kabar kepada Dwight. Petugas Eddy memberikan info bahwa orang yang membunuh oran tuanya telah dibebaskan. Tanpa pikir panjang, Dwight siap membalas dendam kematian orang tuanya.

Dwight yang bertindak tanpa rencana, membunuh sang pelaku begitu saja. Tanpa ia menyadari bahwa yang ia bunuh bukanlah Wade Cleland pelaku yang menewaskan orang tuanya. Sementara itu ia juga telah membahayakan nyawa orang-orang yang ia kenal. Salah satunya Sam (Amy Hargreaves), mantan istrinya. Maka ia menyuruh Sam untuk keluar kota sementara waktu sampai masalah reda.

Menyadari bahwa keluarga Wade mengejarnya, Dwight meminta bantuan teman lamanya, Ben (Devin Ratray) dan belajar cara menembak darinya. Dari salah satu keluarga Cleland yang ia sandera, Teddy (Kevin Kolack) menjelaskan bahwa yang Dwight bunuh bukanlah Wade. Wade menderita kanker sehingga digantikan oleh salah satu anaknya. Big Wade sebutan ayah mereka, membunuh kedua orang tua Dwight karena Ayah Dwight berselingkuh dengan istri Big Wade.

Dwight : "The keys are in the car."

0 komentar:

Post a Comment