Sinopsis Film American Sniper

Banyak film perang produksi Amerika dengan setting dan action yang sangat memukau. Tapi kali ini saya melihat bahwa film yang diarahkan oleh Clint Eastwood ini telah mengandung sudut pandang kosong dari ego Amerika itu sendiri. Ceritanya sendiri berdasarkan kisah nyata yang terinspirasi dari legenda penembak jitu Amerika yang meninggal sebelum filmnya rilis. Yang mengejutkan sang pahlawan ini tak gugur di medan perang, melainkan di kampung halamannya.

Pada sudut produksi, film ini memiliki gaya perang yang agak berbeda dari biasanya film perang. Hasilnya adalah cerita yang sebenarnya menarik terlihat seperti sedikit membosankan. Bukan karena aksi perangnya yang membosankan, melainkan ritme dan alur antara cerita ketika perang dengan cerita saat karakter Chris Kyle pulang ke Amerika.

Pada dasarnya, setiap film Amerika selalu saja dibuat dengan dalih bahwa yang mereka buat selalu benar. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa berita kejadian pada 11 September tidak harus membuat seseorang lantas membenci teroris muslim dan bergabung dengan kesatuan dan menyerbu Irak. Sejak kapan peristiwa 11 September membuktikan bahwa terorisnya adalah orang Irak? 6/10.


Chris Kyle (Bradley Cooper) adalah seorang pria mantan pemain rodeo yang bergabung di kesatuan setelah karirnya dalam rodeo mulai redup. Berbekal pengalaman yang didapatkan saat kecil bersama ayahnya, Chris dengan mudah berhasil lulus di akademi dan menjadi seorang ahli penembak jitu.

Keahliannya membuat rekan-rekannya yang berada di garis depan menjadi terlindungi berkat Chris. Ketika Chris pulang kepada istrinya di Amerika, yang ia alami justru ingin kembali lagi bertugas. Kecanduannya berperang membuat sang istri menilai bahwa Chris kini menjadi orang yang jauh berbeda.

Di saat tugasnya yang terakhir, Chris membuat sebuah keputusan yang telah membahayakan nyawanya sendiri beserta rekan-rekannya. Ia terkepung oleh serangan tentara sipil yang dipicu dari tembakan senjatanya sendiri.

Chris : "I got something 1900 yards out. It's him."



0 komentar:

Post a Comment