Semoga Allah SWT. Yang Maha Menguasai segala kejadian, menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang mendapat keselamatan di dunia dan di akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Ada satu doa yang diajarkan Rasulullah SAW. Doanya singkat tapi kandungannya sangat padat. Oleh karena itu doa ini populer dengan sebutan doa sapu jagat. Doa ini dinamakan demikian karena di dalamnya mengandung permintaan kebaikan di dunia dan di akhirat. Doa yang melingkupi segala kebaikan.

Bukankah meminta kebaikan dunia dan akhirat meliputi segala kebahagiaan yang manusia minta di dunia dan keselamatan di akhirat? Jadi berikut lafadz doa sapu jagat yang juga merupaka bagian dari Al Qur'an, Surah Al Baqarah Ayat 201.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUNYAA HASANAH WA FIL AAKHIROTI HASANAH WAQINAA ‘ADZAABANNAAR

Artinya :
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

Awal doa boleh memakai kata "Allahumma"
Boleh juga memakai kata "Robbana"

Berikut ini adalah hadist yang menjadi landasan dalil doa sapu jagad di atas.

"Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW adalah Allahumma Aatina Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Akhiroti Hasanah, Wa Qinaa 'Adzaban Naar." (HR. Bukhari & Muslim)

Doa ini menunjukkan bahwa kebaikan dunia itu hanya datang dari Allah SWT. Sedangkan dunia dan akhirat itu tidaklah seimbang. Jika di dunia kita hanya meminta satu kebaikan, maka di akhirat kita meminta dua kebaikan. Pertama, kebaikan berupa surga. Dan kedua, kebaikan berupa dijauhkan dari siksa api neraka.

Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam doa ini mencakup nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang sholehah, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal salih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir. Masya Allah, luar biasa cakupan doa sapu jagad ini. Sampai-sampai meminta istri yang sholehah-pun sudah tercakup di dalamnya.

Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dan diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat.

Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram. Sebuah doa ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam. Doa yang seharusnya bisa kita rutinkan untuk diucapkan.

Jadi, apabila kita berdoa, “Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar”, hati kita selalu berharap untuk menjadi orang yang yakin dan patuh kepada Allah SWT. Inilah kebaikan di dunia dan berharap menjadi ahli surga, berjumpa dengan Allah SWT dan berharap diselamatkan dari siksa api neraka, inilah kebaikan akhirat.

Mudah-mudahan doa yang benar-benar keluar dari hati kita ini, akan membuat ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT. Mari kita amalkan doa ini. Semoga menjadi amal sholeh bagi kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

1 komentar: