Sinopsis Film If I Stay

Ketika saya pertama kali melihat karakter Mia yang keluar dari tubuhnya, saya berharap akan melihat film yang cukup epik. Tapi ternyata tidak ada efek pengembangan yang serius sepanjang film berlangsung. Malah yang terjadi hanya kilas balik hubungan antara karakter Mia dengan Adam sampai film itu berakhir. Film If I Stay (2014) sepertinya hanya garapan oleh R.J. Cutler sebagai film 'mengisi waktu'. Bukan tanpa alasan, Cutler yang sepanjang karirnya membuat film dokumenter dan film pendek sepertinya tak cocok jika membuat film drama seperti Film If I Stay.

Dan lagi, chemistry antara karakter Mia dan Adam masih tidak terlalu kuat dan dapat digambarkan masih dalam kualitas akting yang belum mumpuni. Saya tidak membicarakan Chloë Grace Moretz, karena dia aktris muda berbakat yang memberikan penampilan terbaik dari film-film sebelumnya. Baik seperti film aksi maupun petualangan. Tapi menempatkan Chloë pada film drama serius mungkin masih terbilang dini. Yang saya maksud disini adalah pasangan main Chloë, Jamie Blackley, dia memiliki kualitas akting yang tampaknya biasa-biasa saja.

Sekarang kita akan membahas endingnya dan mengupas maksud dari judulnya. Karena mengartikan judulnya saja mungkin tak ada hubungannya dengan cerita dalam filmnya. Karena judulnya akan berarti di beberapa menit sebelum filmnya berakhir. Sesaat sebelum karakter Mia akan membuka matanya, akan ada dialog dimana ia harus membuat keputusan untuk tinggal atau pergi bersama keluarganya. Itulah maksud dari judulnya, meski pada akhirnya akan sedikit mengambang. Namun pada akhirnya, ini bukan film drama yang berniat untuk menguras habis air mata penontonnya. Secara keseluruhan, Film If I Stay adalah kisah cinta yang terdiri dari 70% kilas balik dan sisanya hanya menghabiskan pengalaman karakter utama yang keluar dari tubuhnya.

Saya benar-benar tidak sanggup memberikan rating film yang dibintangi Chloë dibawah 6/10, tapi mungkin ini akan terjadi di film ini. Karena mungkin, semakin saya memikirkannya, semakin saya menyadari bahwa film ini memilik drama percintaan yang lemah bahkan sarat akan terlupakan ketika beberapa saat filmnya berakhir. Berikut Sinopsis dan Jalan Cerita Film If I Stay (2014).

Sinopsis Lengkap Film If I Stay (2014)

Cerita film If I Stay diawali ketika Mia (Chloë Grace Moretz) yang akan bersiap-siap ke sekolah. Sesaat sebelum berangkat, sekolah tiba-tiba diliburkan karena ada badai salju yang mendekat. Mia adalah seorang pemain cello yang sangat menyukai musik klasik. Ayah dan ibunya sendiri dulunya adalah musisi dalam sebuah band dan mengakhiri karir mereka ketika Mia lahir. Ketika itu, hubungan Mia dengan Adam (Jamie Blackley) mulai memburuk.

Dan dihari bersalju itu, kehidupan Mia benar-benar hancur ketika ia dan keluarganya mengalami kecelakaan mobil mematikan. Anehnya, meski kecelakaan itu membuatnya koma, ia memiliki pengalaman keluar dari tubuhnya dan menyaksikan tubuhnya sendiri dan keluarganya dari dekat, dan tak satupun yang bisa melihatnya. Ketika di rumah sakit, satu persatu keluarganya tak tertolong. Saat melihat adiknya meninggal, ia tak lagi punya alasan untuk hidup. Dari situ Mia berpikir untuk memutuskan ikut mati atau tetap bertahan hidup.

Sambil berkedip kembali Mia mengenang hubungannya dengan Adam, hubungan yang menyenangkan ketika awal bertemu. Namun, hubungan mereka perlahan menurun seiring prilaku Adam yang mulai brengsek dan tak masuk akal. Mia menyadari bahwa cinta mereka suatu hari nanti akan diuji dan kemudian menyadari bahwa mereka tidak pernah benar-benar jatuh cinta. Pada tahap akhir, Mia yang melihat Adam sangat mencintainya kembali merenungi bahwa Adam-lah alasannya untuk kembali ke dunia.

Adam : "Mia."



3 komentar:

  1. begitu membosankan filmnya

    ReplyDelete
  2. Film y bagus koq... d tunggu aja sekuelnya where she went... anda menganggap cerita film ini buruk krna anda sudah terpaku dengan cerita aksi... sangat tidak professional.... dan anda melupakan sesuatu yg pnting di kehidupan anda yaitu " cinta "

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete