Film Merchants of Doubt

Sebuah film dokumenter yang diadaptasi dari buku karangan Naomi Oreskes dan Erik Conway dengan judul yang sama. Merupakan film arahan Robert Kenner yang terstruktur dengan baik menampilkan sejumlah intimidasi terhadap perubahan iklim, tapi dari satu sudut pandang saja. Wajar untuk menjadi sebuah film rekomendasi sejak di festival TIFF. Film ini mengintegrasikan sejarah sebuah industri tembakau dengan wawancara dari berbagai macam orang yang mau bekerja sama untuk merubah opini dunia tentang sungguh berbahayanya asap rokok dalam mengubah iklim global.

Kenner bisa jadi akan menjadi guru yang sangat hebat dalam menghasilkan film dokumenter. Cuma satu dari film ini adalah topik dan argumen yang dibeberkan hanya dari satu pihak saja. Satu saran dan komentar dari seseorang digunakan Kenner sebagai taktik yang sama untuk memuntahkan fakta yang sama dan sama lagi. Berharap penonton yang menyaksikannya cukup yakin telah mendengar fakta dari sudut pandang lain. Jika penonton terbiasa dengan politik, maka ini bukanlah hal yag baru.

Hal ini membuat film dokumenter Kenner menjadi kekuatan yang melobi dan mempengaruhi opini publik tentang dampak merokok terhadap perubahan iklim dalam posisi canggung. Karena sebagian orang, memilih untuk cenderung sudah setuju dengan film premis seperti ini yang berargumen, dan memiliki kesimpulan bahkan sebelum mereka menyaksikannya.

Masalah ini semakin diperparah oleh media yang terus menyorot perubahan iklim sebagai debat ilmiah yang sah. Jika para ilmuwan sedari dulu saling menyindir dengan masyarakat bagaimana dampak dan penyebab perubahan iklim, Kenner mungkin tak diperlukan lagi untuk membuat film ini sejak awal. Baca juga manfaat puntung rokok.

0 komentar:

Post a Comment