Sinopsis Film Giovanni's Island / Jobanni no shima (original title)


Film ini memiliki cerita yang kuat dan besar, namun sayang kisahnya dieksplorasi melalui film animasi. Tapi ini Jepang, rumah besar film animasi. Maka apapun ceritanya masih tetap merupakan animasi yang indah. Dipenuhi dengan kisah humor dan kesedihan. Hampir seluruhnya, cerita yang ditampilkan melibatkan karakter anak kecil saja.

Ketika anak-anak di sekolah Jepang menyanyikan lagu rakyat dalam bahasa Jepang, di ruang sekolah sebelahnya, anak-anak Rusia menyanyikan lagu rakyat Rusia. Pada adegan berikutnya, anak-anak Jepang menyanyikan lagu Rusia dan sebaliknya. Hanya satu contoh bagaimana film ini menunjukkan kemanusiaan dari semua orang di dunia. 5/10.



Selama Perang Dunia II, Jun Pei (Kannon Gowen) dan saudaranya Kanta tumbuh di sebuah pulau kecil yang mereka beri nama Pulau Giovanni, di bagian Utara pulau Jepang, dekat pantai timur Rusia. Setelah Jepang kalah, tentara Soviet dan keluarga mereka mengambil alih pulau itu, memaksa penduduk Jepang untuk tinggal di lumbung.

Awalnya Jun Pei dan Kanta membenci Rusia, hingga akhirnya mereka mengenal Tanya (Natalie Hoover), putri komandan Rusia yang tinggal di tempat yang dulunya rumah mereka. Saat Jun Pei mulai menyukai Tanya, tentara Soviet menangkap ayah Jun Pei. Hal itu membuat Jun Pei menyalahkan Tanya. Di saat yang sama penduduk mulai dipaksa untuk dipindahkan ke kamp pengungsian termasuk Jun Pei dan keluarganya, jauh dari Tanya.

Di kamp itu, Jun Pei dan Kanta mendapatkan kabar bahwa ayah mereka masih hidup. Dengan berbekal keberanian, mereka ditemani Guru Sawako (Yukie Nakama) bertemu ayah mereka yang menjadi buruh paksa. Jun Pei dan Kanta yang masih belia harus menerjang dinginnya malam demi bertemu ayah mereka. Yang tentu saja telah menguras tenaga dan kesehatan mereka.


Jun Pei : "Listen, Tanya. You can't tell anyone what we saw here today."





0 komentar:

Post a Comment