Film Patema Inverted "Sakasama no Patema" (original title)

Film yang unik dan menyerupai konsep Hollywood berjudul Upside Down. Tapi tetap saja membandingkan dengan film ini jadi sangat jauh berbeda. Yang berbeda adalah karakter dan alur cerita yang ditampilkan di film ini memberikan kejutan yang fantastis. Konsep 'terbalik' adalah kunci utama film ini. Semenit saja Anda memalingkan perhatian, maka mungkin saja Anda akan mengkerutkan kening dan bertanya, 'kenapa bisa begitu?' Karya Yasuhiro Yoshiura ini memang hanya sebatas animasi, tapi konsep dan garapannya sudah sangat matang. Jadi kira-kira konsepnya seperti gambar berikut.

Arah dan desain visual yang cemerlang, bagi mereka yang takut ketinggian, mungkin ini adalah film mengerikan dari film horror. Untung saja hanya sebuah animasi. Mungkin film ini wajar mendapatkan rating tinggi, dan bagi penggemar film anime sayang jika harus dilewatkan. Seiring berjalannya film, akan ada spontanitas lucu ala anime Jepang disusul dengan drama konflik yang serius. Penonton akan penasaran bagaimana happy ending karakternya, itu sebabnya Yoshiura akan memberikann sebuah solusi yang apik dari alur yang memutar ini. Berikut Sinopsis dan Jalan Cerita Film Patema Inverted (2013).

Sinopsis Lengkap Film Patema Inverted (2013)

Kisah dimulai pada sekelompok orang yang hidup di bawah tanah, salah satu diantara mereka yang paling penasaran dengan dunia luar adalah Patema (Yukiyo Fujii). Seorang gadis yang beranjak remaja yang mempunyai rasa ingin tahu dan suka mengunjungi sebuah daerah terlarang akibat petunjuk sebuah foto yang diberikan oleh temannya yang bernama Lagos (Masayuki Katô). Lagos adalah seorang jenius yang dikagumi Patema, namun ketika Patema beranjak remaja, Lagos menghilang begitu saja. Suatu ketika, Patema mengalami sebuah kecelakaan yang aneh. Ia terjatuh ke sebuah poros vertikal yang membawanya ke permukaan dunia luar. Di tempat itu, pijakan tertutup rumput dan pohon, langit terlihat dan bintang-bintang bersinar di malam hari. Tapi satu hal yang buruk bagi Patema bahwa gravitasi di tempat itu bekerja terbalik dari miliknya.

Di permukaan, Patema bertemu dengan Age (Nobuhiko Okamoto). Seorang laki-laki yang selalu menyendiri sambil merenungi apa yang telah hilang darinya, yaitu Ayahnya. Pertemuannya dengan Patema adalah hal yang lucu dan aneh baginya. Gravitasi Patema menariknya ke langit, sedangkan ia tidak. Tapi, butuh waktu yang singkat bagi sebuah rezim totaliter untuk mengetahuinya. Sebuah kelompok dunia luar yang menganggap mereka yang terbang ke langit adalah keturunan pendosa. Yang pada masa lalu, sebuah penelitian dilakukan di bawah tanah, penelitian yang mencoba mengubah gravitasi menjadi energi. Tetapi penelitian tersebut gagal, membuat alam semesta membalikkan gravitasi pada banyak hal termasuk orang-orang yang bertanggung jawab, dan Patema lahir setelah tragedi itu. Kelompok rezim ini akhirnya menangkap Patema, membuat Age harus meminta bantuan pada kelompok bawah tanah tempat asal Patema.

Dari aksi mendebarkan menyelamatkan Patema, Age menyadari satu hal bahwa kematian Ayahnya selama ini adalah ulah kelompok rezim yang tak menerima penemuan Ayahnya. Age juga baru tahu bahwa gravitasi yang menarik Patema membawanya ke sebuah tempat tak berpenghuni. Ketika kembali ke Bumi, konflik dengan pemimpin rezim membawa mereka pada sebuah kenyataan baru. Bahwa selama ini, Patema dan kelompok bawah tanahnya memiliki dunia luar dengan pijakan mereka sendiri. 

''The sky eats all sinners.''

4 komentar:

  1. maap nih bang gue rasa yang kaum terbalik itu si eiji , sebenernya si eiji itu lah yyang tinggal di bawah tanah . langit eiji itu ada semacam (ntah kota atau apa) Area yang membuat langit buatan , tidak di perlihatkan matahari/bulan di dunia eiji .melainkan sebuah cahaya yang menyerupai matahari . sedangkan di dunia patema terlihat jelas sebuah bulan . coba search gambar di mbah google kata kunci " Theory of Patema Inverted " . mohon maaf sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbenarnya dua duanya punya dunia masing2
      eiji sbenarnya bs tinggal di bawah tanah asal ia hidup di dunia patema.
      Cm di film ini patema hidup di dunianya eiji jd dia yg tinggal di bawah tanah.

      istilah kaum terbalik itu cm masalah sudut pandang

      Delete
  2. Bagus filmnya, teorinya gk rumit membuat mudah terbawa jalan cerita yg menegangkan sekaligus baper karena dibumbui cinta dari tokoh utama yang cantik dan tampan

    ReplyDelete
  3. Salah jelasin lu min ... Bener itu kata si Anonim wkwkwk

    ReplyDelete