Another Earth menceritakan sebuah drama yang kuat, bukan kerennya Science-Fiction. Tapi Mike Cahill menyeimbangkan keduanya sehingga filmnya dikemas secara arus yang mengalir seperti sungai. Tapi ketika lebih dulu melihat trailer-nya, kita akan menganggap film ini sebagai drama dan sci-fi. Padahal sebenarnya lebih kepada drama dan romance, sci-fi mungkin hanya sebagai 'pembungkusnya' saja.

Sinopsis Film Another Earth
Rhoda Williams (Brit Marling) adalah seorang siswi SMU yang cerdas. Hal itu dia buktikan saat berhasil diterima di MIT. Sepulang dari pesta untuk merayakan keberhasilannya tersebut, Rhoda yang menyetir sendirian dalam keadaan mabuk mendengarkan sebuah berita di radio tentang kemunculan sebuah planet berwarna biru yang katanya sangat mirip dengan Bumi. Rhoda yang penasaran terus meperhatikan planet tersebut tanpa sadar bahwa mobilnya sedang melaju kencang tepat kearah mobil yang dinaiki seorang komposer, John Burroughs (William Mapother) bersama istri dan anaknya.

Akhirnya tabrakan tak bisa dihindari dan merenggut nyawa istir dan anak John. John sendiri mengalami koma untuk beberapa waktu, sedangkan Rhoda harus mendekam dalam penjara selama 4 tahun. Kejadian itu akhirnya menghancurkan hidup Rhoda dan John, sementara kembaran Bumi yang dijuluki "Earth Two" makin nampak jelas. 

Saat Rhoda keluar dari penjara pun ia masih merasakan sangat menyesal dan mencari John yang juga baru sadar dari komanya. Di saat Rhoda datang ia menyamar sebagai seorang tukang bersih-bersih dan berusaha menata kehidupan John yang berantakan sepeninggal ditinggal mati keluarganya. John tidak tahu kalau Rhoda adalah orang yang bertanggung jawab menewaskan keluarganya sebab saat kecelakaan terjadi Rhoda masih di bawah umur, artinya identitasnya tidak dipublikasikan. 

Waktu berlalu ketika Rhoda sebagai tukang bersih di rumah John. Jarak di antara keduanya semakin dekat. Namun suatu malam, ketika John meminta Rhoda untuk tinggal bersamanya, Rhoda mengaku bahwa orang yang membuat John kehilangan keluarganya adalah dirinya sendiri. Tak terima kenyataan itu, John mengusir Rhoda dari rumahnya. 

Sebuah perusahaan terkenal, bernama United Space Ventures memenangkan Rhoda untuk sebuah perjalanan ke luar angkasa menuju Bumi kedua. Tapi tiket yang dimenangkannya diberi kepada John sebagai permintaan maaf. Rhoda beranggapan bahwa mungkin saja keluarga John yang berada di luar sana masih hidup. Setelah empat bulan keberangkatan John, Rhoda tak menyangka akan menemui dirinya yang lain.

Rhoda : "If you met yourself, what would you say?"

0 komentar:

Post a Comment